Tebing di Pasawahan Longsor Akibat Tergerus Arus Deras Air Sungai

24/10/2022 05:48

KAB.PURWAKARRA, jurnalisbicara.com – Telah terjadi bencana Tebing longsor diwilayah Desa Pasawahan tepatnya di Jl. Raya Cihideung Pasawahan Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta. Sabtu malam (22/20/2022)

Akibat air hujan yang deras, debit air sungai di wilayah jalan raya Cihideung Pasawahan hampir meluap, sehingga arus air menjadi sangat deras, hal tersebut telah mengakibatkan longsornya tebing sungai yang dihantam derasnya air.

Diketahui pasca bencana tersebut telah di tangani peninjaun pertama oleh beberapa pihak terkait diantaranya yang hadir pada saat itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Danpos mil, Personil Polsek wilayah, Linmas Desa Pasawahan, serta perwakilan dari pemerintah Kecamatan Pasawahan.

Menurut keterangan dari Koramil Wanayasa yakni Serma Yaya Sunarya sebagai Danpos mil pasawahan Koramil 1901/ wanayasa Kodim 0619/ Purwakarta, mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pasca hujan deras, sehingga tebing tidak dapat menahannya.

Lanjutnya, tebing yang terhantam arus deras tersebut diperkirakan sekitar lebar 5 meter dengan kedalaman 5 sampai 8 meter, jarak antara tebing longsor dengan jalan hitam sekitar 50 cm serta telah merusak jalan aspal dengan adanya retakan di bagian pinggir atau bahu jalan.

Keesokan harinya, Camat Pasawahan H.Helmi Setiawan AP.MM meninjau ke lokasi tempat Bencana, guna mempelajari apa saja yang akan dijadikan bahan pelaporan kepada Pemerintah Daerah.

Untuk sementara, lokasi bencana hanya dibatasi dengan pagar buatan manual seadanya, yang dipergunakan sebagai rambu rambu pembatas pengguna jalan yang melintas, karena dikhawatirkan akan ada longsor susulan mengingat musim penghujan yang tinggi.(Dwi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x