Jalan Aspal Pangkal Jembatan Penghubung Desa Lubuk Rukam dengan Desa Muara Kumbang Kecamatan Kandis Amblas

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Pengendara Roda empat ataupun Roda dua harus Extra hati-hati saat melintasidi jembatan penghubung Desa Rubuk Rukam dengan Desa Muara kumbang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir.

Pasalnya jalan aspal pangkal jembatan Desa Lubuk Rukam dengan Desa Muara kumbang tersebut amblas, diduga akibat tanah di bagian bawah jembatan tersebut longsor terkikis air sungai mengakibatkan jalan aspal pangkal jembatan menjadi ambruk/ Amblas hampir tak tersiasa. Kejadian tersebut terjadi pada pukul 6 pagi, Senin (8/4/2024) di Desa Lubuk Rukam Kecamatan Kandis.

Muhaidi selaku kepala Desa lubuk Rukam mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pada pukul 6 pagi Senin (8/4/2024). Diduga terjadi akibat tanah di bawah jembatan tidak ada kekuatan lagi, pondasi jembatan retak, tanah longsor hingga mengakibatkan jalan aspal pangkal jembatan Ambruk, Nyaris tak bisa di lewati kendaraan Roda Empat (R4).

” Kejadian ini terjadi sekitar jam 6 ,30 wib pagi hari ini. Jembatan ini adalah salah satu akses satu-satunya pengunjung Desa Lubuk Rukam menuju Desa Muara Kumbang, Kumbang Ilir Tanjung Alai dan juga Kumbang Ulu” terangnya.

Menurut Muhaidi terjadinya ambruk jalan aspal pangkal jembatan ini di akibatkan oleh banyaknya mobil truk besar pengangkut hasil kebun, dan juga tanah di bagian bawah jembatan sudah tidak ada kekuatan lagi, juga pondasi jembatan sudah retak, sehingga mengakibatkan jalan aspal pangkal jembatan penghubung Desa Lubuk Rukam dengan Desa Muara Kumbang Ambruk dan Amblas.

“Kami informasikan kepada seluruh para warga dan juga para pengendara baik roda dua dan juga roda empat sebaiknya harus Ekstra hati-hati saat melintas di jalan dan jembatan tersebut karena akses jalan Pangkal jembatan habis tak bias di lewati kendaraan” kata dia.

Baca Juga :  Disdik Jabar Tetap Kedepankan Prinsip Perlindungan terhadap Siswa

Dengan musibah ini Muhaidi selaku Kepala Desa Lubuk Rukam dan para masyarakat Desa di Kecamatan Kandis berharap kepada Pemerintah kabupaten Ogan Ilir, khususnya Dinas terkait dan juga Bupati kabupaten Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar untuk turun kelapangan melihat kondisi Jalan dan Jembatan tersebut karena sangat pital apalagi menjelang lebaran banyak pemudik mau pulang kampung.

” kami berharap agar Segera di perbaiki mengingat saat ini akan menjelang hari lebaran idul Fitri.Kalau tidak segera di perbaiki di khawatir akan memakan korban kendaraan jatuh ke sungai” harapnya.