LSM Dampal Jurig Kunjungi Lokasi Bencana Cibunar

23/10/2022 16:37

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Dampal Jurig, Irfan Azis, sambangi keluarga Korban tanah longsor di Kampung Cibunar II Lepa, Rt 19/05, Desa Kadudampit, kecamatan kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (23/10/2022).

Peristiwa tanah longsor tersebut terjadi pada pukul 00.30 WIB, saat tejadinya hujan deras yang terjadi malam tadi, sehingga mengakibatkan longsor dan menimpa rumah warga. Satu orang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut tertimbun tanah longsor.

Menurut Irfan Azis, ini kali kedua peristiwa tanah longsor terjadi di kampung ini, sebelumnya pada tahun 2009 empat korban jiwa melayang tertimbun tanah longsor. Di duga akibat hujan deras dan posisi rumah penduduk yang berada di bawah tebing sehingga rawan terkena musibah tanah longsor.

“Ini kali kedua peristiwa tanah longsor terjadi di kampung ini, yang menelan korban jiwa,” ungkapnya, Minggu (23/10/2022).

Lanjutnya, LSM Dampal Jurig mengajak semua pihak untuk ikut bergotong-royong membantu keluarga korban dengan segenap kemampuan meski dari hal kecil.

“Alhamdulillah, respon dari pemerintah daerah kabupaten Sukabumi cepat tanggap dengan menurunkan langsung tim BPBD dan dihadiri langsung oleh kabid nya dengan didampingi oleh ketua PMI Kabupaten Sukabumi, Muspika Kadudampit dan warga masyarakat yang ikut serta membantu evakuasi korban,” jelasnya.

Sementara itu, Irfan Azis juga menghubungi beberapa pejabat penting di pemerintahan kabupaten Sukabumi, untuk dapat membantu keluarga korban tanah longsor.

“Melalui via Whats-App saya juga telah menghubungi beberapa pejabat penting diantaranya, Pak Bupati dan Wakil, Sekda dan Kalahar BPBD serta Kepala Dinas PU. Mereka mengucapkan rasa duka yang mendalam serta mendoakan para korban dan keluarga yang di tinggalkan,” jelas, Irfan.

Alhamdulillah, tambahnya, dalam waktu dekat Pak Asep Japar Kadis PU Kabupaten Sukabumi akan datang langsung kepada keluarga korban, karna saat ini beliau sedang ada acara di Cianjur.

“Sebagai ungkapan rasa duka atas peristiwa tersebut, kami dari LSM Dampal Jurig memberikan sedikit bantuan kepada keluarga korban yang mengalami musibah, semoga almarhum Husnul khatimah dan keluarga yang ditinggal diberikan kesabaran. Dan kegiatan ini murni misi kemanusiaan dari LSM Dampal Jurig tampa ada unsur politik, semua anggaran yang di keluarkan murni dari kas bendahara LSM Dampal Jurig,” pungkas, Irfan Azis Ketua LSM pecinta lingkungan hidup ini. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x