Bupati Sukabumi, “Pencegahan Korupsi Terintegrasi Efektif Wujudkan Tatakelola Pemerintahan Yang Baik”

13/10/2022 07:04

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami menerima kunjungan kerja KPK RI dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Aksi Pencegahan Korupsi Terintegrasi Pada Pemerintah Kabupaten Sukabumi Tahun 2022. Penerimaan tersebut dilakukan di Aula Sekretariat Daerah, Palabuhanratu, Rabu (12/10/22).

Direktur Koordinasi dan Supervisi KPK RI Yudhiawan menjelaskan, pihaknya hadir membantu pemerintah daerah dalam rangka realisasi sasaran program antara lain, perencanaan dan penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, pelayanan Terpadu satu Pintu, Kapabilitas APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Manajemen Aset Daerah.

“korupsi bukan hanya merugikan keuangan negara tapi bisa juga melanggar hak asasi manusia,” terangnya.

Selain itu, sambung Yudhiawan, monev tersebut bertujuan untuk melihat sejauh mana rencana aksi yang sudah dijalankan oleh Pemkab, juga faktor apa saja yang dapat menghambat berjalannya program tersebut.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, Program pemberantasan korupsi terintegrasi merupakan satu tools yang paling efektif untuk mencegah tindakan yang berpotensi atau tindakan yang mengarah kepada korupsi, agar tercipta tata kelola pemerintahan yang baik, dengan pola ini juga akan mudah bagi KPK untuk mengawasi jalannya pemerintahan daerah.

“Mudah-mudahan ini menjadi masukan dan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua, yang selama ini menggeluti kebijakan pemerintah daerah,” unngkapnya.

Bupati Marwan menjelaskan, Capaian aksi pemberantasan korupsi di Kabupaten Sukabumi pada tahun 2021 mendapatkan nilai 81,52 poin adapun ditahun 2022 triwulan ke III mendapatkan nilai 69,28 point.

“Maka dari itu dengan capaian point tersebut harus dijadikan suatu semangat untuk terus berupaya melakukan kegiatan yang sesuai dengan aturan,” Imbuhnya.

Tambahnya, kegiatan monev aksi pencegahan korupsi harus terus dilakukan, sehingga dengan kehadiran supervisi KPK ini merupakan catatan untuk bisa diterapkan dalam mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi yang religius maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin.

Diakhir Kegiatan dilalukan Penyerahan Sertifikat dari BPN kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x