Milyaran Rupiah Diraup Para Pelaku UMKM Selama Pertunjukan Air Mancur Menari di Purwakarta

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Milyaran rupiah berhasil diraup ratusan pedagang dan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang membuka berbagai kios atau stand pemasaran berbagai produk UMKM dalam pagelaran atraksi wisata “air mancur menari” di Taman Air Mancur Sri Baduga (TAMSB) Situ Buleud, Purwakrta, Sabtu malam (5/8) kemarin.

Besarnya nilai ekonomis yang diperoleh UMKM itu tak lepas dari perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta yang memprioritaskan mereka untuk memanfatkan atraksi perunjukan air mancur yang digelar memperingati HUT Kabupaten Purwakarta ke-55 dan Kota Purwakarta ke-192.

“Para pelaku UMKM memang kita prioritaskan untuk bisa memanfatkan secara langsung berbagai kegiatan yang kami selenggarakan menyambut HUT Purwakarta termasuk pertunjukan air mancur. Langkah itu sekaligus menunjukan kami serius dalam membangun UMKM,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin, 7 Agusrus 2023.

Data dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta menyebutkan, sedikitnya Rp 1,7 milyar yang berhasil diraih ratusan UMKM selama pertunjukan air mancur.

Besarnya angka itu dihasilkan dari berbagai pemasaran produk UMKM meliputi produk kuliner, kerajinan tangan dan berbagai produk kreatif lainnya.

Berbagai barang dagangan mereka banyak diserbu sekitar 25.000 pengunjung yang datang dari berbagai daerah yang ingin menyaksikan keindahan dan kemegahan atraksi air mancur Sri Baduga.

Sekretaris DKUPP Purwakarta, Eka Sugriana mengatakan, berbagai rangkaian kegiatan perayaan HUT Purwakarta memberikan peluang sangat besar bagi para pelaku UMKM memasarkan berbagai produknya.

“Termasuk pertunjukan air mancur yang luar biasa menjaring pengunjung sangat banyak. Itu pasar yang sangat potensial yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM,” kata Eka.

Sesuai Proyeksi

Demikian besarnya jumlan pengunjung yang datang ke Purwakarta menyaksikan pertunjukan air mancur Sri Baduga sudah sesuai dengan perkiraan proyeksi sebelumnya.

Baca Juga :  Bupati Ciamis Berulang - Ulang Menegaskan Agar Jangan Sampai Ada Potongan Pada Bansos Uang Tunai

Bahkan Bupati Anne sudah memproyeksikan atraksi wisata “air mancur menari” di Taman Air Mancur Sri Baduga (TAMSB) Situ Buleud tersebut bisa menjaring puluhan ribu wisatawan datang ke Purwakarta.

Orang nomor satu di Purwakarta itu juga melihat potensi besar bernilai ekonomi tinggi dari pertunjukan air mancur terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Menurutnya, pertunjukan itu bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Purwakarta.

“Berbagai kegiatatan yang kami buat untuk HUT Purwakarta merupakan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakan perekonomian masyarakat sekaligus roda perekonomian daerah,” kata Bupati Anne.

“Berbagai atraksi budaya dan pertunjukan air mancur yang sangat indah, akan menjadi daya tarik luar biasa menjaring wisatawan datang ke Purwakarta. Potensi itu harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ini peluang bagi peningkatan ekonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat,” kata Bupati Anne.

Puluhan ribu pengunjung sudah diperkirakan akan datang menonton pertunjukan air mancur yang disertai berbagai atraksi budaya tersebut.

“Itu bisa menjadi pasar potensial yang bisa dimanfaatkan secara ekonomi. Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan para pelaku UKMKM,” kata Bupati Anne Ratna Mustika.(Dwi)