Komisi III DPRD Jabar Berharap Pembangunan Gedung Pencak Silat Mampu Dongkrak PAD dan KUKM

Ketua Umum IPSI Jabar, Phinera Wijaya (Peci Hitam) bersama Gubernur Ridwan Kamil (No.2 dari kiri) ketika tinjau lokasi proyek gedung pusat Pencaksilat. Senin (10/04/2023).

SUMEDANG- Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat, H.Phinera Wijaya, S.E bersama Gubernur Jabar, M.Ridwan Kamil di dampingi Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir serta Kadis Perumahan dan Pemukiman, Dr. Indra Maha, S.T,.M.T, tinjau langsung lokasi pembangunan Gedung Pusat Pencak Silat, di Sukasari Jatinangor, Sumedang. Senin (10/04/2023).

Phinera Wijaya atau kang Icak sapaan akrabnya, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi Jawa Barat atas terwujudnya pembangunan Gedung Pencak Silat di Jatinangor, Sumedang.

“Alhamdulillah, ini adalah impian masyarakat Jawa Barat. Dimana Gedung Pusat Pencak Silat ini, nantinya akan di jadikan sebagai destinasi wisata budaya bahkan skala internasional,” tutur Kang Icak yang juga Sebagai Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat.

Dihadapan Gubernur Ridwan Kamil, kang Icak mengingatkan perihal tata kelola dan fungsi gedung Pencak Silat kedepan dapat meningkatkan PAD untuk Pemprov Jawa Barat.

“Jika di kelola dengan benar, saya yakin kedepan Gedung Pusat Pencak Silat bisa menambah pendapatan. Terlebih selain jadi tempat berlatih untuk pesilat, obyek ini bisa di jadikan wisata domestik maupun skala Internasional, otomatis menambah devisa dan peningkatan PAD,” beber kang Icak pada SILATJABAR.COM, Senin (10/4/2023).

Selain itu, lanjut dia. Jika kita dapat kolaborasikan dengan KUKM, semisal produk- produk yang terkait dengan Pencak Silat, otomatis juga dapat mendorong perekonomian daerah sekitar.

“Ini sebenarnya sudah jadi konsep awal kita waktu ekpose pertama di Gedung Pakuan antara Pengprov IPSI Jabar dengan RK, (Jumat,17/11/2022) lalu. Saat itu, Gubernur sependapat dengan ide dan gagasan dari Tim Konsultan Perencana dari ITB yang di bawa IPSI Jabar,” ungkap kang Icak.

Baca Juga :  Kadisdik Jabar Bahas Mulok Pencaksilat Bersama IPSI Jabar

Jadi jika kita menelisik dari konsep awal, sebenarnya sudah lengkap sesuai yang dipaparkan dalam ekspose di Pakuan maupun di Dinas Pariwisata waktu itu, imbuh dia.

“Ya, semoga progres perencanaan sejalan dengan konsep awal. Intinya, Gedung Pusat Pencak Silat dapat segera terwujud, bermanfaat bagi kita semua masyarakat Jawa Barat,” pungkas dia.

Dirinya pun berharap pembangunan Gedung Pusat Pencak Silat dapat segera terselesaikan, karena ada agenda besar yang menanti.

“Tahun ini sebenarnya IPSI Jabar di tunjuk untuk mengadakan event besar yakni Kejuaraan Dunia atau Indonesia Open. Jadi, kalau gedung ini beres kita bisa selenggarakan disini sekaligus promosi,” harap kang Icak.

Untuk itu pihaknya mengajak semua komponen terkait, dapat ikut serta mengawasi pekerjaan pembangunan Gedung Pusat Pencak Silat dapat terselesaikan sesuai rencana. (Red).*

Berita ini juga tayang di geogle news : Komisi III DPRD Jabar Berharap Pembangunan Gedung Pencak Silat Mampu Dongkrak PAD dan KUKM