Diskop UKM Garut Gandeng PD DMI, Gelar Bimtek Legalitas Koperasi dan Badan Usaha Masjid

30/07/2022 08:26

GARUT, Dinas Koeprasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop UKM) Kabupaten Garut berkolaborasi dengan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Garut, menggelar acara Kegiatan Sosial dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Legalitasi Koperasi dan Badan Usaha Masjid, yang digelar di Aula Islamic Center, Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (27/7/2022).

Ketua Bidang (Kabid) Ekonomi PD DMI Kabupaten Garut, Muhammad Azmi, mengatakan, bimtek ini diikuti oleh sekitar 84 orang yang merupakan perwakilan dari masjid-masjid besar yang di 42 kecamatan di Kabupaten Garut.

“Di mana mesjid-mesjid besar di kecamatan itu kita undang untuk sosialisasi terkait hal koperasi, nah dimana koperasi ini sangat tabu maka dengan ini ketidakpahaman dari masyarakat Alhamdulillah nanti (dijelaskan) Pak Kadis sendiri dan Prof (Ali Jafar Shidiq) yang lebih profesional itu akan mengisi materi terkait hal koperasi,” katanya.

Ia mengungkapkan _output_ yang ingin dihasilkan dari kegiatan ini adalah adanya pemahaman terkait legalisasi terkait koperasi, yang diharapkan mampu membangun sebuah pola pemberdayaan dari perspektif ekonomi.

“Ekonomi (di koperasi) ini dimana terjadi sirkulasi untuk mempersempit ruang gerak dari pada pinjaman-pinjaman yang fiktif ataupun ilegal, kaya pinjol atau lain sebagainya, maka kita bergerak dalam saya selaku Ketua Bidang Ekonomi, bergerak untuk di koperasi untuk mewadahi atau memfasilitasi masyarakat di berbagai daerah,” ungkap Azmi.

Azmi berharap melalui kegiatan ini pengurus masjid yang menjadi peserta bimtek menjadi berdaya dan paham terkait bagaimana membangun koperasi, agar terjadi sirkulasi keuangannya itu hanya dalam anggotanya saja, dengan harapan mampu mempersempit ruang gerak pinjaman online (pinjol) ilegal dan pinjaman ilegal lainnya.

“Tindak lanjut atau _follow up_ ke depan nanti kita dari DMI akan membimbing pembinaan ke bawah terkait administrasi yang legalitasnya teruji sesuai undang-undang atau ketentuan yang berlaku, nanti kita itu (akan) dibina, dari (mulai) persyaratan, dari pengajuan, sampai ke pendirian lembaganya itu sendiri, kita bina dan kita damping itu outputnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Cece Hidayat, mengapresiasi kegiatan ini, karena menurutnya bimtek ini merupakan sebuah gagasan yang luar biasa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat.

“Ini faktor ekonomi ini faktor yang sangat krusial, karena memang masalah ekonomi ini menjadi masalah pertentangan di masyarakat, terutama _kaadal faqru an yakuna kufron_ (Kemiskinan itu dekat kepada kekufuran) itu adalah ekonomi, jadi jangan sampai mereka masyarakat atau jama’ah masjid itu fakir miskin, nah masjid sebagai sarana media dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat ini tepat acara hari ini,” kata Cece.

Ia berharap kedepan setelah adanya acara ini, mampu memberikan semangat bagi masyarakat, terutama jemaah-jemaah masjid untuk terus berhimpun di masjid dan membentuk koperasi di lingkungan masjid.

“Nah ini dalam rangka meningkatkan ekonomi kesejahteraan masjid, ya kita akan dorong akan support koperasi-koperasi masjid di Garut ini, agar semuanya memiliki legalitas yang formal, kepercayaan masyarakat juga akan terbentuk dengan baik, dan insya Allah perbankan juga akan memberikan bantuan ke (koperasi) ini,” harapnya.

Senada dengan Kepala Kantor Kemenag Garut, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Mekarwati, memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh PD DMI Kabupaten Garut dengan Diskop UKM Garut ini.

Ia juga berharap ke depan masjid bisa menjadi pusat atau sentra dari kegiatan keislaman, khususnya dalam peningkatan kesejahteraan umat.

“Harapan kami tentunya dengan adanya kegiatan ini mesjid-mesjid di Kabupaten Garut ini ya menjadi sentral dari semua kegiatan peribadahan termasuk juga mungkin perekonomian, untuk memakmurkan warga masyarakat,” tandasnya.

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x