Ketua PWI Cabang Kabupaten Bandung Tolak Perubahan Nama Sekretariat, Begini Alasannya!

25/01/2021 13:47

Gedung PWI Cabang Kabupaten Bandung. (Foto Istimewa: Sopandi)*

BANDUNG, JURNALISBICARA.COM,- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Bandung, Rahmat Sudarmaji, mengajak kalangan insan pers dan organisasi kewartawanan yang ada di Kabupaten Bandung untuk bersama-sama menggunakan gedung sekretariat PWI Cabang Kabupaten Bandung sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi. Gedung tersebut adalah aset Pemkab Bandung, diharapkan bermanfaat bagi semua kalangan wartawan,apapun organisasinya.

“Mari kita manfaatkan fasilitas tersebut untuk sarana berdiskusi dan tukar pikiran,” ujar dia kepada jurnalisbicara.com di Soreang , belum lama ini.

READ ALSO :

Rahmat Sudarmaji menyebut bahwa aset tersebut adalah milik Pemkab Bandung yg diberikan kepada PWI Cabang Kabupaten Bandung untuk digunakan sebagai sekretariat. Meski demikian pihaknya tidak setuju jika gedung tersebut di rubah namanya jadi Gedung Pers Kabupaten Bandung.

“Sebetulnya gedung tersebut merupakan aset Pemkab Bandung. Keberadaannya bersifat hak guna pakai dan diberdayakan untuk organisasi wartawan yang sudah memiliki legal formal.” Terangnya.

Rahmat Sudarmaji mengungkapkan, pada saat gedung itu ingin di bangun, organisasi kewartawanan yang legal di Kabupaten Bandung baru PWI, sehingga respon perhatian Pemkab Bandung untuk memfasilitasi wartawan diberikam kepada organisasi yang sudah jelas legalitasnya. “Karena bantuan itu kan harus jelas kemana turunnya.” Ujar dia.

READ ALSO :

Sebelumnya peneliti dari Yayasan Lembaga Pengawasan Pembangunan Daerah (YLPPD), Risman Hasibuan, menilai bahwa sangat tepat kalau gedung sekretariat PWI Cabang Kabupaten Bandung namanya di ganti dengan Gedung Pers atau Bale Wartawan. Sehingga wartawan yang bukan anggota PWI pun bisa bermarkas di sana.

“Kita tahu bahwa gedung tersebut aset Pemkab Bandung. Bagaimana kalau penamaannya di ganti saja jadi Gedung Pers atau Bale Wartawan, mengingat di Kabupaten Bandung jumlah organisasi kewartawanan bukan hanya PWI.” Kata Risman.

Sementara itu Ketua Ikatan Penulis dan Jurnalis (IPJI) Kabupaten Bandung, Entis Sutisna SE, berharap adanya keadilan yang diberikan Pemkab Bandung terhadap wartawan dan organisasi kewartawanan di Kabupaten Bandung.

“Organisasi kewartawanan di Kabupaten Bandung bukan cuma PWI. Untuk keadilan yang dapat dirasakan bersama oleh wartawan, maka sudah sepatutnya Pemkab Bandung memiliki Gedung Pers.” Kata Entis. ***

(Lili Guntur/Jubir).

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya