Ribuan Peserta Meriahkan Kirab Budaya Merah Putih

KOTA SUKABUMI, jurnalusbicara.com – Kirab Budaya Merah Putih yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke – 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, disambut antusiasme masyarakat yang memadati berbagai ruas jalan yang menjadi rute kirab termasuk di Balai Kota Sukabumi.

Kirab yang digelar pada 20 Agustus 2023 menampilkan diantaranya Marching Band Setukpa Lemdiklat Polri, Kontingen kebudayaan tujuh kecamatan dan siswa sekolah.

Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Iskandar Ifhan, selaku ketua panitia dalam laporan yang disampaikannya pada saat pelepasan kirab di Lapang Merdeka, menyebutkan bahwa kirab diperkirakan diikuti oleh 2.500 orang peserta.

Disampaikan pula selain untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, Kirab Budaya Merah Putih bertujuan untuk semakin menggelorakan semangat nasionalisme.

Sedangkan Wali Kota, Achmad Fahmi, dalam sambutannya saat melepas peserta kirab mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan pula menjadi momen untuk menghargai dan merawat keragaman budaya yang ada di Indonesia, terlebih Kota Sukabumi merupakan salah satu dari delapan kota di Indonesia yang dinilai toleran oleh Setara Institute.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota bersama Sekretaris Daerah, Dida Sembada, beserta para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ikut serta dalam rombongan kirab dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.(ald)

Baca Juga :  Kapolresta Denpasar Hadiri Pembukaan Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival 2022