Ragam  

Kuatkan Nilai Pancasila ke Warga Binaan

KAB.OKI, jurnalisbicara.com – Tak hanya membidik masyarakat umum dan sekolah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Pemerinah Kabupaten OKI juga menguatkan nilai-nilai Pancasila hingga di lapas. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk untuk menguatkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di Lapas Kelas IIb Kayuagung.

Pj Bupati Ogan Komering Ilir, Asmar Wijaya menyampaikan Ideologi Pancasila sebagai alat untuk memupuk integritas bangsa.

“Pancasila sebagai rumah besar menjaga dan merawat nilai keberagamaan”, Terang Asmar. Selasa, (27/02).

Asmar mengatakan semua harus terus belajar, menjaga dan merawat nilai-nilai Pancasila. Unity in Diversity, bersatu dalam dalam keberagaman.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para warga binaan lebih memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, selama masa Pembinaan hingga selesai kembali kumpul bersama keluarga”,imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Yudian Wahyudi menyampaikan bahwa dengan berbagai riset, peningkatan budaya literasi pada Warga Binaan Pemasyarakatan mampu mengubah pribadi dan mencegah terjadinya pengulangan kriminal.

“Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendapatkan pendidikan akan memiliki peluang lebih kecil untuk kembali ke Lapas/Rutin, sebaliknya, mereka akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan”, ujar Yudian.

Yudian berharap Sosialisasi Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila dapat memberikan pemahaman Pancasila sehingga saat keluar nanti, pemahaman itu bisa diaktualisasikan, baik di dalam maupun di luar Lapas”, imbuhnya. (Sahilin)

Baca Juga :  Wabup Garut Tinjau Objek Wisata Bagendit di Momen Libur Lebaran