Relawan JUBIR Ikut Pantau Arus Mudik di Bandung Mulai Padat, Jasa Marga Fungsikan 12 Gerbang di Tol Cileunyi

Tampak Gerbang Tol Cileunyi, arus lalu lintas mulai padat. Minggu (16/04/2023).*

BANDUNG – PT Jasa Marga mengoperasikan 12 gardu di Gerbang Tol (GT) Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk arus mudik Lebaran 2023.

Manajer Area Tol Purbaleunyi Agus Pramono mengatakan sebanyak 12 gardu itu terdiri atas gardu yang masuk ke tol maupun keluar jalan tol. Sebelumnya, kata dia, gardu yang dioperasikan hanya 11 unit.

“Kalau data terakhir pada H-7 sudah ada sekitar 30 ribu kendaraan yang keluar GT Cileunyi,” kata Agus dikutip ANTARA, Minggu 16 April

Selain mengoperasikan gardu, kata dia, pihaknya menyediakan “mobile reader” (MR) untuk mempercepat proses transaksi di gerbang tol. Adapun MR digunakan petugas Jasa Marga dengan menghampiri mobil untuk melakukan transaksi.

Dengan adanya gardu dan MR, paparnya, GT Cileunyi bisa menangani hingga 3.000 kendaraan yang melakukan transaksi dalam waktu satu jam.

“Ini kapasitasnya bisa 3.000 kendaraan dalam satu jam, jadi ini sangat cukup,” katanya.

Namun bila terjadi antrean panjang di GT Cileunyi, ujar dia, pihaknya bersama Polresta Bandung bakal mengalihkan arus agar kendaraan pemudik berjalan terus menuju Tol Cisumdawu.

Sementara itu, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan ada 10 unit MR yang disiapkan di gerbang tol dan digunakan secara bergantian sambil menyesuaikan kondisi baterai.

“Jadi teknisnya dalam antrean di gerbang tol itu, ‘mobile reader’ digunakan di barisan belakang sehingga saat ada dua kendaraan sekaligus bisa bertransaksi di lajur itu pada saat bersamaan,” kata Kusworo.

Ditempat terpisah, koordinator relawan Posko Mudik 2023 JUBIR, Wahyudi ikut memantau informasi seputar gerbang tol Cileunyi untuk disampaikan terhadap pemudik.

Baca Juga :  1.082 Ojeg Pangkalan di Cileunyi dan Nagreg, Terima Bantuan Sembako Ketahanan Pangan

“Sejauh ini masih tergolong lancar, meski sedikit ada peningkatan lalu lintas,” kata nya.

Kendati demikian, ia meminta pemudik untuk tetap hati2 dan waspada agar selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan himbauan kepolisian.

“Tetap waspada, hati-hati karena keluarga di kampung halaman menanti,” pungkas dia. (Red).*

artikel ini telah tayang di geogle news : Relawan Jubir ikut pantau arus mudik di Bandung mulai padat, jasa marga fungsikan 12 gerbang di tol cileunyi.