Mendes PDTT dan Bupati Bandung Resmikan Ekspor Perdana Kentang dan Buncis

peresmian ekspor perdana kentang dan buncis di Kabupaten Bandung.

JURNALIS BICARA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi RI Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd., dan Bupati Bandung Dr. H.M. Dadang Supriatna melaksanakan peresmian dan ekspor perdana kentang dan buncis kenya hasil pertanian para petani binaan Bumdes Pulosari Handal Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Selasa 21 Februari 2023.

Dalam sambutannya, Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna mengatakan desa menjadi ujung tombak pembangunan bangsa. Karena itu, pemerintah terus berupaya mendorong ekonomi desa dengan menyalurkan dana desa dan program pengembangan Bumdes Pulosari Handal.

“Tujuan Bumdes seperti dalam Permendesa PDT dan Transmigrasi No 4/2015 adalah meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,” kata Bupati Dadang Supriatna.

Baca Juga : Satnarkoba Polres Sukabumi Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Pelajar Di Cikakak

Bupati Bandung juga mengungkapkan bahwa ekspor dan investasi kunci penting untuk pertumbuhan dan serta kemajuan ekonomi mengingat dengan tumbuhnya ekonomi maka ketimpangan, kesenjangan dan kemiskinan dapat ditekan.

“Saya sangat menghargai dan sangat mengapresiasi kemajuan para petani binaan Bumdes Pulosari Handal, yang hari ini untuk pertama kalinya melaksanakan ekspor kentang dan buncis kenya dari Pangalengan ke Singapura,” imbuhnya.

Dadang Supriatna mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bandung akan terus mendorong produktifitas dan kapasitas produksi para petani khususnya yang berorientasi ekspor.

Baca Juga : Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Pengeroyokan Desa TanjungTambak, Ini Namanya

“Kita semua berharap ekspor ini akan terus berjalan dan secara kuantitas pengiriman semakin meningkat, yang pada gilirannya pembangunan Bumdes tidak hanya memberikan manfaat finansial (pajak, pendapatan asli desa). Tetapi juga manfaat ekonomi secara luas termasuk kepada petani dan masyarakat,” tutur Buoati Dadang Supriatna.

Baca Juga :  4 Pejabat Eselon II Dilantik, Bupati Bandung, “Sekitar 150 jabatan masih kosong”

Bupati Bandung berharap ekspor perdana kentang dan buncis kenya hasil petani binaan Bumdes Pulosari Handal ini, dapat meningkatkan semangat bagi masyarakat petani serta memacu Bumdes lainnya untuk mengembangkan lagi usahanya, mendayagunakan segala potensi ekonomi dan potensi sumber daya alam yang ada.