Ini Rangkaian Peringatan Hari Santri di Purwakarta

22/10/2022 19:54

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Setelah ada Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini Pemerintah bersama para santri bakal melaksanakan upacara peringatan hari santri termasuk pemerintah daerah. Adapun tema Hari Santri 2022 yakni; Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Di Kabupaten Purwakarta, rangkaian Hari Santri 2022 telah dimulai dan berbagai acara sudah dilaksanakan seperti lomba-lomba hadroh, lomba tausiah, pidato dalam Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Sunda melibatkan anak-anak santri di Kabupaten Purwakarta.

“Mudah-mudahan momentum hari santri ini akan terus menguatkan eksistensi para santri berkontribusi nyata dalam pembangunan yang memang beberapa tahun ini sudah dirasakan betul,” ujar Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dalam acara pembukaan perlombaan memperingati Hari Santri 2022 di Taman Maya Datar, Jumat 21 Oktober 2022.

Ia mengatakan, upacara Hari Santri Nasional akan dilaksanakan esok hari sekira pukul 08.00 WIB, dilaksanakan di kecamatan masing-masing, kecuali Kecamatan Purwakarta, Jatiluhur, dan Babakancikao hadir dan mengikuti upacara di tingkat Kabupaten. “Hari ini ASN menggunakan baju muslim karena sudah masuk pada rangkaian hari santri dan besok puncaknya,” kata Anne.

Sementara itu, berdasarkan hasil rapat dengan intansi terkait agenda rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Purwakarta 2022, sebagai berikut,

1. Kegiatan Tingkat Kecamatan, Tahlil Akbar dan Istighotsah, dilaksanakan serentak di masing-masing kecamatan pada hari Kamis tanggal 20 Oktober 2022, mulai pukul 19.30 WIB.

2. Pawai Obor Santri Jumat 21 Oktober 2022 pukul 19.30 WIB di wilayah kecamatan masing-masing.

3. Upacara Hari Santri Nasional Sabtu, 22 Oktober 2022 Pukul 08.00 WIB dilaksanakan di kecamatan masing-masing, kecuali kecamatan Purwakarta, Jatiluhur, dan Babakancikao hadir dan mengikuti upacara di tingkat Kabupaten.

4. Kegiatan Tingkat Kabupaten, Bedah Buku, Pergolakan Tanam Paksa dan Berdirinya Purwakarta, Selasa 18 Oktober 2022 di Bale Sawala Yudistira.

5. Perlombaan dilaksanakan Jum’at 21 Oktober 2022:l Ceramah Bahasa Sunda, Pidato Bahasa Indonesia, Hadroh Upacara Puncak Peringatan Hari Santri Nasional hari Sabtu, 22 Oktober 2022 di Alun-alun Kiansantang Purwakarta. III.

6. Para kepala perangkat daerah dan camat agar membuat spanduk atau baligo. Hari Santri Nasional Tahun 2022 ditempatkan di halaman kantor masing masing.

7. Seluruh rangkaian kegiatan tingkat kecamatan dan kabupaten, para camat agar berkoordinasi dengan pihak terkait, dan senantiasa menjaga ketertiban dan kondusifitas pelaksanaan kegiatan.

8. Seluruh pegawai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta mulai 21 Oktober 2022 dan saat pelaksanaan upacara 22 Oktober 2022 menggunakan pakaian sarung, baju takwa atau koko putih dan berpeci hitam bagi laki-laki. Perempuan busana muslimah berkerudung putih. Demikian untuk dipedomani dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. (Dwi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x