Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Lantik 546 PPPK Formasi 2023

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, melantik secara langsung Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Ogan Ilir formasi tahun 2023.

Adapun jumlah PPPK Kabupaten Ogan Ilir formasi tahun 2023 yang dilantik langsung Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar tersebut sebanyak 546 orang.

Prosesi pelantikan tersebut dipusatkan di Gedung Serbaguna Caram Seguguk KPT Tanjung Senai Indralaya, Selasa, 30 April 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Ogan Ilir menyampaikan, bahwa sebelum melakukan pelantikan, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir terlebih dahulu melakukan penghitungan terhadap gaji pegawai.

“Bukan hanya melantik yang kita pikirkan, akan tetapi memikirkan terkait gaji pegawai. Bagaimana kemampuan daerah masing terkait hal itu,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ogan Ilir juga mengingatkan, kepada 546 PPPK Kabupaten Ogan Ilir formasi tahun 2023, untuk tidak menurunkan performa dalam bekerja.

“Tadi kan kalian sudah mengucapkan sumpah jabatan, jangan hanya diucapkan tapi dijalankan dengan sepenuh hati,” tegasnya.

Bupati Ogan Ilir juga menyampaikan, dengan pelantikan 546 PPPK Kabupaten Ogan Ilir formasi tahun 2023 ini, hendaknya bisa menjadi penyemangat bagi para honorer lainnya.

“Saya lihat hampir seluruh PPPK yang dilantik hari ini merupakan honorer, semoga dengan adanya penerimaan tahun 2024 ini semakin menambah semangat para honorer,” paparnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ogan Ilir, Wilson Effendi menerangkan, dari 546 PPPK yang dilantik ini masing-masing 300 tenaga guru, 159 tenaga kesehatan, dan 87 teknis.

“Seluruh PPPK Kabupaten Ogan Ilir yang dilantik ini merupakan mereka yang lulus pada formasi tahun 2023 lalu,” ungkapnya.

Ditambahkan Wilson, keterlambatan proses pelantikan bagi 546 PPPK Kabupaten Ogan Ilir formasi tahun 2023 ini, dikarenakan menunggu antrean dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII.

Baca Juga :  Jabar Targetkan Realisasi Investasi Rp 188 Triliun, Ridwan Kamil: Optimis Akan Tercapai

“Karena kan daerah yang tergabung dalam BKN Regional VII itu banyak daerah, bukan Sumatera Selatan saja,” lanjutnya.

Wilson menyampaikan, bahwa pada tahun ini Pemkab Ogan Ilir akan melakukan penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 1.442 orang.

“Penerimaan pegawai tersebut terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Ogan Ilir,” jelasnya.

Ditambahkan Wilson, untuk Kabupaten Ogan Ilir akan menerima pegawai baru sebanyak 1.442 formasi. Terdiri dari, PPPK Guru 392, PPPK Kesehatan 300, PPPK Teknis 600.

“Serta khusus CPNS Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 150 formasi,” ujarnya.

Jumlah penerimaan pegawai baru Kabupaten Ogan Ilir ini, kata Wilson, sesuai dengan usulan yang disampaikan Pemkab Ogan Ilir kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Namun, ketika disinggung mengenai jadwal penerimaan CPNS dan PPPK di Kabupaten Ogan Ilir, Wilson belum dapat memastikan jadwal pastinya.

“Kita masih menunggu ketentuan lebih lanjut dari MenPAN-RB),” ungkapnya.

Sementara itu, Ade Irawan, salah seorang PPPK Kabupaten Ogan Ilir formasi tahun 2023 yang dilantik hari ini mengungkapkan, bahwa dirinya telah 20 tahun menjadi honorer di Pemkab Ogan Ilir.

“Sukacita dan haru rasanya, setelah 20 tahun jadi honorer, dan hari ini bisa dilantik langsung oleh Pak Bupati Ogan Ilir,” ucapnya.