Bupati Iksan Iskandar Peringati Hari Peduli Sampah Nasional dengan Melakukan Bersih-bersih Obyek Wisata

JURNALIS BICARA – Peringatan hari peduli sampah nasional tingkat Kabupaten Jeneponto tahun ini berlangsung semarak yang dihadiri oleh sejumlah tokoh dan para pemerhati sampah, Sabtu, 25 Februari 2023.

Kali ini, para peserta menyasar titik sampah yang berada di sekitar obyek wisata mangrove Tarusang, Monro-monro, Kecamatan Binamu.

Di tengah kegiatan, Bupati Iksan Iskandar mengatakan, pemerintah daerah tengah berupaya menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang.

Baca Juga: Meriahkan HUT Satpol PP, Pemkab Purwakarta Gelar LKBB Satlinmas

Pasalnya, saat ini Indonesia telah menjadi negara penghasil sampah terbesar kedua di dunia.

Dan hal itu kata Iksan, sewaktu-waktu akan menjadi masalah jika tidak segera dilakukan upaya pembenahan.

Salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan lanjut Iksan, adalah dengan melakukan giat bersih lingkungan secara berkelanjutan dan berjenjang.

Termasuk edukasi tentang manajemen pengelolaan sampah mulai dari tingkat terkecil seperti RT sampai skala lebih besar yakni Kecamatan dan daerah Kabupaten.

Baca Juga: Heri Gunawan Bersama Bank Indonesia Tingkatkan Literasi dan Inkluisi Keuangan Masyarakat Sukabumi

“Pemerintah terus mendorong penguatan kelembagaan melalui dukungan kebijakan, sumber daya ilmu pengetahuan yang inovatif dan ramah lingkungan serta komitmen untuk koneksitas hubungan antarpihak atau aktor dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Turut hadir kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat Binamu, sejumlah personel perwakilan Dandim 1425 dan Polres.***

Reporter: Awing

Baca Juga :  Tinjau Rencana Lokasi Penangkaran Benih Padi, Pj Bupati Jeneponto ingin Jeneponto menjadi Daerah Penghasil Benih Padi