“Kick PPDB Jabar 2024” Kadisdik Pastikan PPDB yang Bersih, Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Kick Off PPDB SMA, SMK, SLB Jabar Tahun 2024 resmi dibuka di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (8/5).

BANDUNG, – Kick Off Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 resmi dibuka oleh Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin bersama Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya, Kepala Diskominfo Jabar, Ika Mardiah serta Forkopimda Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (8/5/2024).

Kick off ini juga diisi penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas oleh Ketua DPRD Jabar, Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Panglima Komando Daerah Jayakarta, Kepala Kepolisian Daerah Jabar, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar.

Penandatanganan Komitmen Bersama dan Pakta Integritas untuk memastikan pelaksanaan PPDB di Jabar berjalan lancar, objektif, transparan, dan akuntabel untuk memastikan hak setiap peserta didik mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

“Saya menekankan betul agar jangan ada lagi titip-titipan di PPDB ini. Semuanya harus transparan dan masyarakat harus puas dengan proses ini. Harus adil semuanya,  jangan ada pilih kasih,” tegas Pj. Gubernur.

Semua, lanjutnya, harus jelas. “Saya titipkan kepada semua kadisdik, baik provinsi, kota/kabupaten, dan kepala cabang dinas pendidikan (KCD) harus mengacu pada satu aturan, yaitu transparan, bersih, jujur, dan akuntabel,” jelasnya. 

Untuk aturan, tambahnya, masih seperti tahun lalu. “Tapi, saya minta harus lebih jelas, lebih tegas ditegakkan aturannya. Kalau ada pemalsuan, kalau ada yang titip ditindak tegas. Sanksi akan kita serahkan pada Saber Pungli,” jelasnya.

PPDB Jabar 2024 Lebih Baik

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya berharap, dengan menandatangani pakta integritas, PPDB tahun 2024 di Jabar lebih baik. “Kami ingin setiap anak mendapatkan haknya. Kami ingin pendidikan kita jujur dari awal. Kalau kita jujur dari awal, keberlanjutannya akan menghasilkan generasi yang jujur dan baik,” tuturnya.

Baca Juga :  H.Iksan Iskandar Bupati Jeneponto Terharu, di Flashback 2 Tahun Kepemimpinannya

Oleh karena itu, Kadisdik meminta langkah kebaikan ini didukung oleh semua pihak. “Mari kita bangun sama-sama pendidikan di Jabar menjadi terdidik terbaik,” ajaknya.

Pendaftaran PPDB SMA, SMK, SLB Tahap 1 (Zonasi & Afirmasi KETM) dimulai tanggal 3-7 Juni 2024. Sedangkan tahap 2 (Afirmasi PDBK, Perpindahan Tugas Orang Tua/Anak Guru, Prestasi Kejuaraan, Prestasi Nilai Rapor) dimulai tanggal 24-28 Juni 2024.*