Polemik Disdik Jeneponto, Dana BOS tak Kunjung Cair?

26/03/2021 17:36

“Masalah demi masalah terus bergulir di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jeneponto. Dari mulai Kadisdik di demo mahasiswa untuk mundur dari jabatannya, hingga dana BOS Sekolah yang tak kunjung cair.”

JENEPONTO –  Masih dengan polemik yang terkait di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jeneponto. Kali ini masalah yang justru sangat vital, karena terkait dana BOS, yang notabene sebagai operasional pendidikan.

Seperti diketahui, ratusan Kepsek SD /SMP mengeluh dana BOS yang tak kunjung cair. Pasalnya, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga saat ini belum juga ada tanda – tanda akan segera bisa dicairkan.

Padahal menurut keterangan, dana tersebut sudah masuk direkening sekolah. Bahkan sekolah- sekolah tersebut sudah dinyatakan bebas temuan dari Inspektorat.

Salah satu Kepala Sekolah, Suharto  mengatakan, bahwa dana BOS tersebut sebenarnya sudah masuk direkening sekolah hampir satu bulan lalu.

“Dananya sudah masuk sejak satu bulan lalu, dan sekolah kami pun sudah dinyatakan bebas temuan, tapi belum ada perintah untuk pencairan dana BOS,” kata Kepsek SDN No.44 Bantaulu, Binamu.

READ ALSO

Sementara itu, saat di konfirmasi satu minggu lalu, Sekretaris Disdikbud, Kab.Jeneponto, H.Uskar menyampaikan, pihaknya belum berani memerintahkan pencairan dana BOS jika tidak pegang SK dari bupati selaku manager BOS.

“Ini sedang dalam pengurusan ke kantor bupati, karena kami tidak berani memerintahkan pencairan sebelum ada SK dari Bupati,” pungkasnya.

Namun alasan Sekdis, justru memicu pertanyaan dikalangan kepala sekolah. Menurut mereka, kalau ini sedang diurus, kenapa harus memakan waktu yang sedemikian lama.

“Waduh, ada apa ini? Jangan- jangan disengaja, agar bisa dicairkan nyebrang ke bulan berikutnya, padahal kabupaten lain sudah lama cair,” keluh para Kepala Sekolah. (Awing/Jubir).***

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya