Ragam  

Summer Program, Fakultas Geologi UNPAD Gandeng Desa Wisata Hanjeli

KAB.SUKABUMI,jurnalisbicara.com – Fakultas Geologi UNPAD bekerjasama dengan Yayasan Rumah Hanjeli Indonesia selenggarakan Summer Program yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Negara diantarnya China, Jepang dan Malaysia. Kegiatan dilaksanakan di Desa Wisata Hanjeli, Kecamatan Waluran, Kab.Sukabumi,Kamis (4/8/2022).

Summer Program tersebut diselenggarakna secara hybrid dan diikuti oleh 100 mahasiswa, sementara 15 lainnya mengikuti secara langsung di lokasi.

Kegiatan di awali dengan Live Zoom Meeting Bersama Guru Besar Pertanian Unpad Prof. Tati Numala.

Menurut Abah Asep Founder Yayasan Rumah Hanjeli Indonesia Setelah live melalui Zoom para mahasiswa diajak menikmati bubur Hanjeli sebagai hidangan awal, lalu belajar Panen, menumbuk Hanjeli dan menampi Hanjeli.

“Kami kenalkan juga berbagai olahan berbahan dasar Hanjeli sebagai makanan lokal, yang layak untuk dilestarikan, bukan karena kaya citarasa tapi juga mengandung nilai sejarah peradaban manusia dari masa ke masa” terang Abah Asep.

Acara dilanjutkan dengan meningkatkan pengetahun tentang Hanjeli, dari mai sejarah, olahan produk hingga Edukasinya.

“Setelah itu Kami menuju ke Rumah baca Sauyunan dan Ke Rumah Aksesoris Hanjeli, untuk belajar membuat kerajinan Seperti Gelang, Kalung dan Tali masker, dilanjut dengan menikmati Hidangan ikonik yakni nasi liwet Hanjeli,” pungkas Abah Asep. (Salsa/Sop)

Baca Juga :  Ketua DPD IWO Indonesia OKI : Mari Wujudkan IWO Indonesia Sebagai Jurnalis Terpercaya