Pos Satkamling Polres Sukabumi Mendapat Penilaian Polda Jabar

17/11/2021 21:10

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Meskipun diguyur hujan, Wakil Direktur (Wadir) Dit Binmas Polda Jawa Barat, AKBP Moch Rois tetap bersemangat untuk melakukan penilaian pos Satkamling (Satuan Keamanan Lingkungan) yang bertempat di Kampung Citepus Tengah RW 12, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Dalam kesempatan itu, dirinya didampingi oleh Kasat Binmas Polres Sukabumi, Forkopimcam Palabuhanratu, Penata TK I Gun-gun Rifki Als, Ipda Hendang Suharto, Aiptu Ujang T. Somantri dan Bripda Rizal Patria.

Kasat Binmas Polres Sukabumi, AKP Idji Jubaedi melalui Kasi Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, meskipun diguyur hujan, tetapi tim masih semangat melaksanakan kegiatan penilaian Satkamling.

“Kami ucapkan selamat datang kepada Wadir Binmas walapun hujan mudah-mudahan bapak berkenaan dan menjadikan hujan ini sebagai barokah,” ujarnya, Rabu (17/11/21).

Selain itu, ia juga mengungcapkan terima kasih kepada Wadir Binmas Polda Jabar yang sudah datang kelokasi ini.

“Kami tindak lanjuti TR dari Polda Jabar tentang perlombaan Pos Satkamling dan kami bekerjasama secara gotong royong dengan warga masyarakat untuk menyiapkan satu pos Satkamling yang akan dijadikan penilaian,” kata dia.

“Alhamdulillah berkat kerja sama semuanya, hingga bisa terbentuknya Satkamling ini. Mudah-mudahan kedepannya petugas Satkamling ini tetep berjalan tidak hanya pada saat ada penilaian saja dan dapat membantu tugas kepolisian menjaga keamanan di lingkungan sekitar,” bebernya.

Sementara itu, Wadir Binmas Polda Jawa Barat, AKBP Moch Rois mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Citepus yang telah hadir pada acara penilaian Pos Satkamling.

“Kami ini datang ingin silaturahmi dan melihat pos Satkamling Desa Citepus Palabuhanratu, Bbagaimana tugasnya menjaga keamanaan dan ketertiban di wilayah khususnya di Desa Citepus,” ujarnya.

“Pos Satkamling ini ada wadah satuan pengamanan terkecil di wilayah desa dan masing-masing desa juga bisa mendirikan pos Satkamling,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, inti tugas dari anggota Satkamling itu adalah melaksanakan patroli menggunakan kentongan dan cara penggunaannya harus dengan aturan tanda-tanda kentongan yang sudah diajarkan, seperti ada pembunuhan, pecurian, kebakaran, bencana alam, laka lantas, dan perkelahian itu ada perbedaan tandanya.

Menurutnya, tugas Satkamling juga bukan hanya untuk ronda malam saja, tetapi dapat menyelesaikan masalah di lingkungan desa.

“Saya harapkan Satkamling diseluruh desa ada, karna sangat bermanfaat sekali untuk menjaga keamanaan dan ketertiban di lingkungan desa masing -masing dan membantu warga yang memerlukan pertolongan segera,” pungkasnya. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x