Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024, Polres Sibolga Melatih Kemampuan Dan Gerakan Ton Dalmas

KOTA SIBOLGA, jurnalisbicara.com – Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam Pengendalian Massa dan Profesionalitas Personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Sibolga, Menggelar Pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas), sebelum Pelaksanaan Pelatihan Dalmas dilaksanakan Pembinaan Fhisik yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, SH, SIK, MH, bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Sibolga, Kamis, (26/10/2023).

Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja, SH, SIK, MH, melalui Kasat Samapta Polres Sibolga AKP JP. Aruan, SE menjelaskan Pelatihan Pengendalian Massa oleh Anggota Sat Samapta Polres Sibolga berbentuk formasi Pleton Dalmas Inti, Latihan ini bertujuan untuk membekali serta meningkatkan kemampuan Pengetahuan Personil saat Penanganan Unjuk Rasa, baik unjuk rasa Damai maupun unjuk rasa yang bersifat Anarkis dalam Skala Besar.

Kegiatan Pelatihan Dalmas ini dilaksanakan dalam Rangka Ops Mantap Brata Toba 2023-2024, serta untuk meningkatkan Skill kemampuan Personil Sat Samapta dalam rangka mengantisipasi dan Persiapan Pengamanan Pemilu serentak Tahun 2024 di Kota Sibolga,”jelas Aruan.

Nampak terlihat Personil dalam melaksanakan Gerakan Dalmas dengan Tameng serta tanpa Tameng, selain meningkatkan kemampuan, Latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksanakan Pengamanan Unjuk Rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada Masyarakat.

Sudah menjadi tugas Personil Kepolisian untuk terus siap siaga untuk mengatasi segala bentuk kerawanan gangguan Kamtibmas, yang mana salah satu nya adalah dengan rutin melaksanakan Pelatihan kemampuan seperti ini” ungkap Aruan.

Sekaligus membiasakan Personil dengan Protap yang benar, sehingga mampu dan terbiasa serta dapat tampil Profesional menghadapi Massa.

“Kita berharap akan terbentuk disiplin dan Profesionalitas Personil Polres Sibolga dalam menjalankan tugas-tugas Kepolisian kedepan,” ujarnya.

Baca Juga :  15 Anggota Pantarlih Desa Cimanggu Dilantik, Ketua PPS Intruksikan Segera Laksanakan Tugas

Pengendalian Massa (Dalmas) adalah salah satu Tugas Pokok Polri khususnya Sat Samapta dalam rangka melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat yang melaksanakan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum, pungkasnya

Kegiatan Pelatihan Dalmas ini, di pimpin langsung oleh Kapolres Sibolga dan Penjab Ton Dalmas Kasat Samapta Polres Sibolga AKP JP. Aruan, SE, beserta Danton Dalmas Bripka Roni K. Naibaho dan 37 Personil Ton Dalmas Lanjut, Sat Samapta Polres Sibolga. (Rudi)