Kadisdik Resmi Buka Job Fair & Expo P5 di SMKN Kadipaten Tasikmalaya

TASIKMALAYA– Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya membuka Job Fair & Expo Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN Kadipaten Tasikmalaya, Rabu (15/11/2023).

Kadisdik berharap, program P5 mampu mengasah minat yang dimiliki oleh siswa. “Panen karya ini harus bisa mengasah minat siswa. Misal tentang otomotif, project yang dikerjakan siswa satu dan lainnya bisa saja berbeda, sesuai minatnya,” katanya.

Ia mencontohkan, bisa jadi ada siswa yang fokus pada sisi desain, yang lainnya pada sisi mesin. “Ada yang dari segi keuangan, bisa juga ada yang fokus mengomunikasikan produk yang dibuat tersebut,” ucapnya.

Kadisdik menjelaskan, ada tiga hal dasar yang harus dikuasai oleh siswa, yakni integritas, disiplin, dan interpersonal dengan baik. “Komunikasi penting untuk menunjukkan kepercayaan diri seseorang,” ujarnya.

Sedangkan Kepala SMK Kadipaten Tasikmalaya, Junjun Nugraha S. menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya untuk terus menumbuhkan SMK yang fokus mengembangkan lulusan yang siap untuk melanjutkan, bekerja maupun berwirausaha. “Khusus job fair, semoga berkesinambungan dalam upaya menjawab tantangan keterserapan alumni SMK di dunia kerja dan industri,” ungkapnya.

Ia menuturkan, perkembangan di sekolahnya terhitung cepat tak lepas dari peran dan dukungan masyarakat. “Hal tersebut didukung oleh para guru. Kompasnya adalah mereka. Saya bangga kepada Bapak dan Ibu, meskipun dalam keterbatasan terus membimbing dan meningkatkan kapasitas anak,” tutupnya.

Sebanyak 17 perusahaan hadir melaksanakan rekrutmen. Di antaranya BTPN Syariah, PT Membangun Manusia Karya, Mitra Utama Mandiri, PT Chemco Harapan Nusantara, Solaria, PT Advantage SCM, PT Leetex Garment Indonesia, Grand Voyage Tasikmalaya, CV Kurnia Smartren, PT Mandom Indonesia Tbk., PT Momenta Agricultura, PT Swapro Internasional, PT Griya Pratama (Yomart), LPK Seiko Sukapura Indonesia, LPK Sakura Mandiri Indonesia, dan Indomobil Nissan. Turut mendukung BRI KCP Ciawi, Wing Food (Mie Sedap) serta Teh Pucuk Harum.

Baca Juga :  Kick Off Dimulainya Rangkaian PPDB SMA, SMK, SLB Tahun 2023 di Jawa Barat

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Geometri Indonesia, disaksikan Ketua MKKS SMK Kabupaten Tasikmalaya, Nanang Ma’Mur.

Ada juga layanan servis kunjung sepeda motor dari Honda Daya Motor Tasikmalaya, donor darah bersama PMI Kabupaten Tasikmalaya serta hiburan kreasi siswa SMKN Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. (Red).*