Masyarakat Dihibur, Peragaan Peragaan Satuan Keamanan Lingkungan Desa Jajawar

KOTA BANJAR, jurnalisbicara.com – Kegiatan penilaian sistem keamanan lingkungan yang diadakan oleh Polres Banjar berlangsung meriah dan menghibur warga.

Kegiatan berlangsung di pos kamling Dusun Karang Pucung Wetan RT 13 RW 03 Desa Jajawar Kecamatan Banjar Kota Banjar, Rabu (15/03/2023).

Simulasi Satuan keamanan lingkungan
– Pembagian Tugas Patroli
– Mulai Start Patroli
– Terima Laporan Kejadianaaaa
– Penyebaran Info Kejadian dgn Teknik Tata cara pemukulan Pentungan
– Tata cara penanganan kejadian
– Evakuasi TKP
– P3K Korban dievakuasi ke Rumah Sakit.
– Sterilisasi Lokasi hingga Petugas datang

Selain peragaan tersebut, ditampilkan juga penari-penari dari lingkungan Jajawar menampilkan tarian daerah, disamping itu pemuda pemudi menampilkan beladiri silat.

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo,S.H,S.I.K,M.M didampingi Para Pejabat Utama Polres Banjar, Kapolsek Banjar bersama Muspika Kecamatan Banjar serta Warga Masyarakat Desa Jajawar langsung mengecek Penilaian Lomba Satuan Keamanan Lingkungan  Tingkat Polres Banjar.

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo S.H., S.I.K., M.M. dalam kesempatan tersebut menyampaikan tujuan diadakannya penilaian Lomba Satkamling ini adalah untuk melihat  sejauh mana kesiapan warga masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah dalam memelihara Kamtibmas serta meningkatkan kembali semangat warga dalam menjalankan Satuan Keamanan Lingkungan.

kegiatan satkamling ini dilakukan dengan harapan masyarakat bisa beristirahat dengan nyaman dan kepada petugas yang sedang berjaga harus memiliki rasa tanggung jawab, dan saya sudah sangat optimis bahwa di desa jajawar ini kegiatan satkamling benar-benar dilaksanakan dikarenakan adanya alat pemadan api ringan dan alat-alat pembantu lainnya seperti P3K.

”Kami ucapkan terimakasih kepada warga di Desa Jajawar ini, yang telah mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Satkamling Tingkat Polres Banjar ini, dan dilakukan penilaian malam ini.
Dan kegiatan ini bukan sekedar menilai Lomba  Satkamling saja, tetapi kami juga sekaligus bersilaturahmi dengan warga di sini,”ucapnya.

Baca Juga :  Promosikan Pariwisata, Pemkab Garut Bakal Gelar Lomba Video Desa Wisata

Sementara itu Kepala Desa Jajawar H.Syamsudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Banjar bersama seluruh jajarannya yang telah hadir dalam penilaian Lomba Satkamling Tingkat Polres Banjar.

” Satu kehormatan bagi kami warga Desa Jajawar, dalam penilaian Lomba ini dihadiri langsung oleh Bapak Kapolres Banjar. Harapan kami, semoga Pos Satkamling kami terpilih menjadi juara. Namun Lomba ini tidak hanya mengutamakan menjadi pemenang saja. Kami akan tetap mempertahankan semangat untuk melaksanakan Satkamling, sebagai salah satu upaya untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan kami, “ucap Kepala Desa Jajawar.

Pelaksanaan penilaian Lomba Satkamling Tingkat Polres Banjar di dilakukan dengan pengecekan Pos Satkamling, kemudian juga simulasi peragaan tugas Satkamling.(Dani)