Ragam  

SMP Negeri 1 Tanjung Raja Mengelar Acara Pelepasan Siswa -Siswi Tahun Ajaran 2022/2023

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – SMP Negeri 1 Tanjung Raja Menyelenggarakan Acara Pelepasan Siswa – Siswi Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan Tema “Teruslah Belajar Kejarlah Cita-citamu ” Bertempat di Halaman SMPN 1 Tanjung Raja, Kamis (25/5/2023).

Acara di hadiri oleh Camat Tanjung Raja Lukaman Ajis, Kabid GTK Disdik kabupaten Ogan Ilir Suryani ,Spd, Para kepala sekolah, lurah, kepala desa,wali murid, Babinsa, BabinKantipmas Tanjung Raja dan para tamu undangan lainnya.

Acara diawali dengan membacakan pembukaan. Seluruh tamu undangan berdiri menyanyikan lagu indonesia raya, dan di lanjutkan dengan tari mapak raje oleh para siswa-siswi kelas Vlll.4 dan Vlll7.

Selain itu ada juga beberapa rangkaian acara lainnya , Seperti pertunjukan Tari, paduan suara dan alunan gitar yang di iringi lagu yang berjudul batang Hari sembilan, selanjutnya acara di lanjutkan dengan kata sambutan dan di akhir acara di lanjutkan dengan pemberian Penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi.

Kepala Sekolah SMP N 1 Tanjung Raja Nawiyah,Spd Menyampaikan terima kasihnya kepada para tamu undangan yang sudah berkenan hadir memenuhi undanganya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada para tamu undangan semua, Karena pada hari ini sudah berkenan hadir memenuhi undangan kami dan tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Tim panitia acara yang sudah berjeripayah sehingga acara pada hari ini bisa sukses seperti apa yang kita harapkan” Kata dia.

Ia juga mempromosikan sekolahnya kerena pasca covid-19 dan di mulainya Proses Belajar Tatap muka siswa -siswi sudah banyak meraih berbagai macam penghargaan.

“Kami promisikan sedikit bahwa sekolah kami memiliki personil tenaga pengajar kurang lebih 50 orang guru dan stap dengan jumlah siswa seluruhnya 658 orang, terdiri dari kelas Vll 226 orang, kelas Vlll 22l orang dan kelas lX yang saat ini berbahagia sebanyak 212 orang”, Papar Kepsek.

Baca Juga :  Pusat Manufaktur Indonesia di Purwakarta

Dikatakannya dalam masa jabatannya yang baru 1 tahun 3 bulan Memimpin SMP N Tanjung Raja sudah banyak pengahargaan dan juara di bidang olahraga

“Ahamdulillah kemarin anak-anak kami SMP Negeri 1 Tanjung Raja ini unggul bidang olahraga, seperti di bidang basket kita mendapatkan juara pertama tingkat propinsi di Lahat, itu dari Siswa -siswi kelas lX dan di awal tahun ajaran 2023 juara umum Students Fest tingkat pelajar se-kabupaten Ogan Ilir, Juara 1 basket putra, juara 2 basket putri, juara 2 Futsal, juara 1 Mobilegend dan juara 2 badminton” Tuturnya.

Dikatakan Kepsek selain penghargaan dan juara di bidang olah raga ia juga bangga siswa-siswinya berhasil masuk di beberapa sekolah unggulan di Kayuagung dan juga kota Palembang, di SMA 17 Palembang, dua orang di SMA Sumsel, dan empat orang di kota Kayuagung, ia , meminta maaf kepada wali murid kalau selama tiga tahun mendidik dan mengajar,ada kesalahan dalam mendidik para siswa-siswi.

“Selama tiga tahun bapak ibu menitipkan anak di SMP N 1 Tajung Raja tidak menutup kemungkinan dengan sadar kami banyak melakukan kesalahan, kami pernah menyubit, kami pernah merampas HP, motong rambut, marah dengan anak bapak ibu, jadi kami mohon maaf, Kami mohon untuk di iklaskan, karena apa yang kami lakukan selama ini semata-mata untuk mendidik anak -anak kita semua, Kami berharap kelas lX tahun ajaran 2022/2023,semuanya nanti akan lulus semua. Yang akan kita umumkan pada tanggal 8 juni 2023 ” Harapnya.

Untuk Merlestarikan budaya Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Raja di akhir Sambutannya membacakan Pantun, ia dan dewan guru selalu mendokan untuk seluruh anak -anak didiknya semoga kelak selalu sukses, dapat meraih cita-cita,.

“Semoga kalian menjadi orang berhasil kelak di kemudian hari ” Amin”, alhamdulillah kemarin banyak alumni SMPN 1 Tanjung Raja yang melapor ke sekolah kami sudah ada yang menjadi polisi, dan semoga anak yang lulus pada tahun ini para generasi negeri ini akan menjadi kebanggaan kita orang tua dan khususnya bagi kami SMP Negeri 1 Tanjung Raja” kata Nawiyah.

Baca Juga :  Bupati OKI, Sambut Hangat Massa Aksi Demo Di Halaman Kantor Pemerintahan Daerah

Sementara itu Ketua Komite SMP N 1 Tanjung Raja, Daut Rusdi mengatakan bahwa Terselenggara acara perpisahan ini adalah atas Ide dan gagasan dari anak-anak pengurus Osis sendiri bukan atas kehendak dari pihak sekolah.

“Acara ini adalah ide dan gagasan dari pengurus Osis SMP N 1 Tanjung Raja sendiri, mereka rapat dengan anak-anak kelas 7 dan 8 dan kelas 9.pada saat itu kami belum di hadirkan sebagai komite dan kami beritahukan dengan orang tua siswa, jangan sampai ada miskomunikasi antara guru, orang tua dan komite”. Terang Daud.

Ia khwatir penyampaian anak-anak tidak sesuai dengan apa yang di rancang oleh mereka, pelepasan perpisahan ini anak-anak Osis kelas lX yang mehendakinya, bukan atas gagasan dari para dewan guru

“Akhirnya setelah kami sebagai komite dan dewan guru memeriksa proposal dari para pengurus Osis kami setujui proposalnya, dengan dana dan penyelenggara para pengurus Osis sendiri” kata dia.

Camat Tanjung Raja Lukman Ajis mendoakan agar semua siswa-siswi kelas lX supaya pada pengumuman nanti semuanya lulus.

“Saya mendokan semoga semua Siswa dan siswi kelas lX semua lulus, gapailah cita-citamu, seperti apa yang menjadi tema mu pada hari pelepasan, perpisahan ini yaitu, Teruslah belajar kejarlah cita -cita mu”, ujarnya.

Sedangakan menurut wali murid Ibu Sasa Sumarti Lurah Tanjung Raja Barat mengucapkan Terima kasih kepada dewan guru dan juga kepada kepala sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Raja.

“Terima kasih kami ucapkan kepada dewan guru dan juga kepada kepala sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Raja sudah mendidik anak -anak kami selama tiga tahun” Ucapnya.

Diacara perpisahan tersebut hadir juga perwakilan dari dinas pendidikan Kabupaten Ogan ilir Suryani,Spd, Kabid GTK, ia mengatakan bahwa dirinya sangat bangga dengan kemampuan yang di miliki oleh anak didik siswa dan siswi SMP Negeri 1 Tanjung Raja, cara berbahasa ingris dan banyak mendapatkan penghargaan dibidang pendidikan dan olah raga.

Baca Juga :  Koni Cimahi Resmi Dilantik, Aris Permono : "Sejarah Baru 39 Atlet Lolos BK PON"

“Saya bangga melihat anak -anak siswa-siswi yang banyak mendapatkan penghargaan,juara dan juga prestasi di bidang pendidikan dan olah raga” .Tutur Suryani.

Ia berpesan kepada Semua Pelajar teruslah maju dan lanjutkan sekolah kepeguruan yang lebih tinggi, agar bisa membanggakan orangtua.

“Juga para guru pendidik di SMP Negeri 1 Tanjung Raja ini untuk para dewan guru, pesan saya tetaplah menjadi guru yang terbaik untuk siswa -siswimu” jelasnya.

Dari Perwakilan Para Siswa kelas lX Dina Melinda kelas lX.2 Mengucapkan terima kasih kepada dewan guru dan berpesan kepada adik kelasnya agar terus rajin belajar, harumkan lah nama sekolahnya.

“Terima kasih guru -guru ku karena sudah mendidik kami selama tiga tahun ini, untuk para adik kelas ku, kakak berpesan rajinlah belajar harumkanlah nama sekolah SMP Negeri 1 Tanjung Raja ini ke depannya” Harapnya. (Rosita Dewi).