Pangkal Jembatan Desa Lubuk Segonang Amblas, Diduga Akibat Dilalui Alat Berat

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Pangkal jembatan Desa Lubuk Segonang Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir amblas. Diduga akibat di lewati oleh alat berat akhirnya tanah pondasi jembatan amblas. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu warga Lubuk Segonang yang tidak mau disebutkan namanya saat melintasi jembatan tersebut, Jumat (10/5/2024).

“Kemarin ada alat berat lewat di jembatan ini, besoknya pakal jembatan ini ambruk, alat berat itu habis pulang dari selesai melakukan kegiatan normalisasi sungai di desa Lubuk segonang,” ungkap warga.

Sementara itu menurut Kepala Desa Lubuk Segonang Tabrony menuturkan bahwa, jembatan Lubuk Segonang adalah satu-satunya akses keluar masuk masyarakat Desa Lubuk Segonang.

“Masyarakat Lubuk Segonang, kalau mau pergi ke pasar,kecamatan atau mau pergi ke kota pasti melewati jembatan ini, karena jembatan ini akses satu-satunya pintu keluar masuk ke Desa Lubuk Segonang, “kata Tabrony, Jumat (10/5/2024) di Desa Lubuk Segonang.

Saat ini pangkal jembatan Lubuk Segonang amblas, rusak parah. Diduga akibat tanah pondasi jembatan lonsor terkikis air sungai di tambah lagi sering hujan deras.Kalau kendaraan mobil sudah tidak bisa lewat lagi, tapi kalau kendaraan sepeda motor masih bisa, tapi harus ekstra hati-hati.

“Kami selaku pemerintah Desa Lubuk Segonang sudah melaporkan prihal musibah tersebut, kepada camat, dan juga dengan Dinsa terkait, dengan Kabid Dinas PUPR kabupaten Ogan Ilir pun sudah,” ungkapnya.

Sejauh ini untuk dari kecamatan dan juga BPBD sudah meninjau langsung kelokasi jembatan. Tetapi kalau dari Dinas PUPR saya kurang tahu sudah apa belum, yang pasti prihal musibah amblasnya jembatan Lubuk Segonang sudah saya laporkan ke Dinas PUPR Ogan Ilir.

“Jembatan Lubuk Segonang satu-satunya jembatan yang menghubungkan Desa Lubuk Segonang dengan Desa Muara Kumbang. Kami khawatir kalau tidak cepat di perbaiki akan menghambat aktivitas masyarakat dan menghambat pembangunan desa Lubuk Segonang, kami kesulitan untuk mengangkut bahan material bangunan. Ditambah lagi kemarin kami dapat bantuan mobil ambulans, kami kusulitan untuk membawanya pulang,” kata dia. .

Baca Juga :  SPBU di Kab.Batubara Leluasa Layani Pembelian BBM Dengan Menggunakan Puluhan Jerigen

Tabrony Selaku pemerintah Desa Lubuk Segonang mewakili masyarakat Lubuk Segonang berharap kepada pemerintah terkait yaitu Dinas PUPR agar segera secepatnya memperbaiki jembatan tersebut.

“Atau memberikan bantuan darurat secepatnya agar masyarakat Lubuk Segonang tetap bisa melakukan beraktivisnya sehari-hari. Seperti anak sekolah dan para petani yang mau menjual hasil kebun dan juga pedagang yang ingin membeli kebutuhan warung dan tokonya,” pungkas kades.