Ragam  

Seminar Basa Jeung Budaya Sunda Pikeun Guru, Upaya Untuk Menjadikan Kota Sukabumi Pusat Kebudayaan di Jawa Barat

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara. com –
Pangwalungan Budaya Sunda, Forum Komunikasi Kelompok Kerja Guru, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Basa Sunda dan Seni Budaya, memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional dengan menggelar Seminar Basa jeung Budaya Sunda Pikeun Guru, yang diikuti oleh tenaga pengajar jenjang pendidikan SD hingga SMA, pada hari Kamis, 2 Maret 2023 di Gedung Seni Aher. Seminar tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota, Achmad Fahmi.

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang untuk membangun komitmen bersama dalam menjaga kelestarian Bahasa Sunda.

Ditambahkannya beberapa langkah strategis harus dilakukan dalam upaya pelestariannya seperti memberikan pengajaran yang menarik minat anak – anak, sehingga mereka mengenal dan menggunakan Bahasa Sunda yang halus dalam kehidupan sehari – hari.
Ia pun menyampaikan bahwa dalam melestarikan budaya Sunda, Pemerintah Kota Sukabumi telah menerbitkan Peraturan Wali Kota yang mewajibkan para ASN memakai baju adat Sunda setiap hari Kamis.

Sementara ketua panitia seminar, Alvin, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini akan dibahas diantaranya mengenai kebijakan Pemerintah Daerah untuk mendorong kemajuan budaya Sunda. Hal ini menurutnya diperlukan untuk mewujudkan upaya menjadikan Kota Sukabumi sebagai pusat pengembangan kebudayaan Sunda di Jawa Barat.

“Diharapkan ada beberapa poin kedepannya agar Kota Sukabumi bisa menjadi sentral pusat kebudayaan di Jawa Barat. Jika dilihat dari perspektif yang lain, mungkin Kota Sukabumi lebih berkembang untuk saat ini, hal ini tidak terlepas dari dorongan pimpinan daerah.” Ucapnya.(ald)

Baca Juga :  Serdaduuq Regant Tattau Pasukan Merah, Gelar Bakti Sosial