Ragam  

Ketua TP PKK Jeneponto Hadiri Sosialisasi Penurunan Angka Stunting

KAB.JENEPONTO, jurnalisbicara.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jeneponto, Hj. Hamsiah Iksan, memberikan tiga pesan kunci untuk mempercepat penurunan angka stunting. Sabtu. (30/12/2023). Pesan tersebut ia sampaikan pada acara sosialisasi yang dihadiri oleh para kader Posyandu se Kabupaten Jeneponto.

Selain itu turut hadir Kepala Dinas Kesehatan, Syusanti Mansyur, dan Suryaningrat selaku Kabid (P2P) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan.

Adapun ttiga pesan kunci untuk mempercepat penurunan angka stunting antara lain yakni,

1. Penyuluhan Gizi yang Berkualitas: Ketua TP. PKK Jeneponto menekankan pentingnya penyuluhan gizi yang berkualitas kepada ibu hamil dan balita. Dengan memanfaatkan pangan lokal yang kaya akan sumber Gizi.

Selain itu lanjutnya, pengetahuan yang baik tentang nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan dan pertumbuhan awal anak sangat krusial dalam menghindari terjadinya stunting.

2. Pemberdayaan Posyandu: Hj. Hamsiah Iksan mengajak para kader Posyandu untuk lebih aktif dalam upaya pencegahan stunting.

Dengan pemberdayaan Posyandu di tingkat desa/kelurahan akan berdampak positif dalam pemantauan pertumbuhan anak serta memberikan informasi kepada ibu-ibu mengenai gizi. Termasuk pentingnya sanitasi yang baik, dan pola asuh anak yang benar.

3. Kolaborasi Antarinstansi dalam Program Kesehatan: Hj. Hamsiah Iksan mendorong pentingnya kerjasama antarinstansi dalam menjalankan program kesehatan.

Menurutnya dengan kolaborasi dan koordinasi yang baik antar elemen, stunting dikabupaten Jeneponto dapat diatasi.

“koordinasi lintas sektoral menjadi kunci dalam mengatasi permasalahan kesehatan, dan kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk memastikan generasi muda Jeneponto yang lebih sehat dan cerdas.” ujarnya. (iskandar lewa)

Baca Juga :  Partisipasi Masyarakat Dusun Ciangkrek Perbaiki Jembatan Gantung Cikadu Cukup Tinggi