Ragam  

Peringatan Hari Pahlawan 2023 : Semangat Bangkit Untuk Melawan Kemiskinan dan Kebodohan

KABUPATEN BUOL, jurnalisbicara.com – Upacara peringatan Hari Pahlawan berlangsung khidmat. Upacara ini dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Bupati Buol, Jum’at (10/11/2023) sebagai penghargaan dan penghormatan terhadap para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Buol, AKBP. Hendri Wirasuryana, S.I.K., M.AP.

Dalam amanatnya, Kapolres Buol membacakan pidato sambutan dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. Tahun ini, peringatan Hari Pahlawan mengangkat tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,” menjadi pijakan untuk merenungi ancaman penjajahan modern.

Pidato sambutan Menteri Sosial menyoroti keberanian dan pengorbanan pahlawan dalam membela kebenaran. Digarisbawahi juga pentingnya mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas segala kepentingan lain. Tema ini juga mengajak untuk merenung atas kekayaan alam Indonesia, mengingatkan bahwa tanggung jawab untuk memerangi kemiskinan dan kebodohan merupakan tanggung jawab yang harus diemban.

Masih dalam sambutannya, dikatakan semangat pahlawan dari tahun 1945 menjadi pendorong bagi kita untuk menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Bersama-sama, kita disatukan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Semangat ini juga mendorong kita untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, menuju masa depan yang lebih baik. “Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera” tuturnya.

Seusai upacara bendera di Lapangan Kantor Bupati Buol, momentum penghormatan kepada para pahlawan berlanjut dengan Upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Leok. Wakapolres Buol, Kompol Jonny Bolang, S.Sos., M.H., memimpin upacara ini, dihadiri oleh unsur Forkopimda yang dengan khidmat melakukan prosesi tabur bunga sebagai tanda penghargaan kepada para pahlawan.

Baca Juga :  Pj. Bupati Buol Lantik 9 Penjabat Kepala Desa

Peringatan Hari Pahlawan tahun ini bukan hanya mengingatkan kita pada sejarah pahlawan masa lalu, tetapi juga mengajak untuk melangkah maju, membangun usaha dan ekonomi kerakyatan. Bersama, kita berkomitmen untuk menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju dan sejahtera.

Turut hadir dalam upacara peringatan Hari Pahlawan ini, diantaranya: Asisten Administrasi dan Umum Lani Irawati, SE.Ak., MM; Kajari M. Rizki Faiz, A.Md; Pabung Kodim 1305 Buol Letda Inf. Askari Djabar; Pengadilan Negeri, Agung Dian Syahputra, SH, MH., Pgs; Danposal Leok Serka Taufik; Ibu Persit Kodim 1305 Buol Toli-Toli; Pepabri; Pimpinan OPD Kabupaten Buol; ASN Kabupaten Buol; Tokoh Masyarakat; Tokoh Pemuda; Ormas serta KSOP Leok.