Bupati Sukabumi Di Anugerahi Dua Penghargaan Dalam Festifal Literasi Digital JABAR 2022

09/10/2022 09:50

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dianugerahi penghargaan Tokoh Literasi Digital Daerah dan Sandikami Award 2022. Penghargaan dari Gubernur Jawa Barat itu diserahkan dalam event Festival Literasi Digital Jawa Barat 2022 di Aula Barat Gedung Sate Jl. Diponegoro No. 22 Kota Bandung, Sabtu (8/10).

Festival Literasi Digital Jawa Barat diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Jabar untuk meningkatkan kesadaran dan kecakapan Literasi Digital, Acara ini merupakan bagian dari Road to West Java Festival 2023.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Bupati Sukabumi di wakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ade Setiawan.

Selain Penghargaan tokoh Literasi Daerah, pada Festival Literasi Digital (VIRAL) Jawa Barat 2022 yang bertema Peluang dan Tantangan Bagi Kultur Masyarakat Jawa Barat di Era Digital ini ada beberapa penghargaan lainnya, yaitu: Humas Jabar Award, Sandikami Award, Jabar Saber Hoaks Award, Relawan TIK Jawa Barat Award, serta penghargaan dalam lomba Video IJTI 2022.

Dalam sambutannya Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah menyampaikan, perkembangan teknologi digital memiliki manfaat yang sangat banyak, sekaligus juga membawa dampak negatif,

“Hal tersebut menjadi dasar pembentukan unit Jabar Sapu Bersih hoaks (Jabar Saber Hoaks), dan berdasarkan data hingga 6 oktober 2022 dari 799 aduan yang diterima, sebanyak 643 aduan merupakan berita hoaks dengan beragam isu,” ungkapnya.

Masih dikatakan Ika Mardiah menambahkan, maksud diselenggarakannya Festival Literasi digital Jawa Barat untuk menguatkan kolaborasi pegiat literasi di Jawa Barat dan bersama-sama merumuskan bagaimana literasi digital yang selaras dengan nilai-nilai kultur masyarakat Jawa Barat.

Diketahui literasi digital bertujuan membangun SDM yang cakap dan berorientasi pada kemanfaatan bersama serta mendorong kemajuan intelektual dan kemudahan interaksi sosial.

Kecakapan dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. Dengan hal itu upaya bersama mengantisipasi dampak buruk berita hoaks bisa berjalan efektif.

Ditempat terpisah Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan persandian Kab. Sukabumi, Herdy Somantri mengatakan bahwa diraihnya dua penghargaan pada Festival Literasi Daerah Jabar sebagai bukti keseriusan Pemkab Sukabumi dalam tatakelola Iayanan Informasi.

“Dua penghargaan yang diberikan kepada Bupati Sukabumi, berdasarkan indikator utama yaitu distribusi informasi yang dilakukan pemerintah daerah, salah satunya aktif mengelola konten digital, Beberapa waktu lalu kominfo kab. Sukabumi juga meraih IKP award tahun 2022,” terangnya.

Meskipun demikian Herdy, menekankan bahwa penghargaan ini adalah energi sekaligus motivasi khususnya bagi Diskominfo untuk lebih baik dalam mengelola dan menyelenggarakan layanan informasi publik. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x