Pelantikan Kades Di OKI : Tokoh masyarakat Desa Jejawi Ungkap Rasa Kekecewaan Dengan Janji Politik

OKI – JURNALISBICARA – Tujuh kades terpilih resmi dilantik Bupati Iskandar SE, selasa 26 September 2023, yang berlangsung di Desa Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tepatnya di lapangan Masjid yang bersebelahan dengan rumah kediaman orang tua dari Iskandar SE, sang bupati OKI Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam acara yang digelar, Buapati melantik tujuh kades diantaranya,Kepala Desa Jejawi dan Talang Cempedak Kecamatan Jejawi, Desa Juk Dadak, Seri Tanjung Suka Mulya, Bumi Agung Kecamatan Tanjung Lubuk dan Desa Kuripan Kecamatan Teluk Gelam kabupaten OKI.

Disela-sela acara , yang di hadiri Buapati Iskandar SE, Alki (putra bupati) , beberapa Kepala Dinas , aparat TNI,Polri ,serta warga masyarakat yang hadir. Tamu undangan di buat terkejut dengan kata sambutan dari Sobri,selaku tokoh masyarakat setempat dengan isi pidatonya.

Didalam pidato nya ia mengatakan, ” saya salah selaku dari toko masyarakat desa jejawi merasa sangat kecewa,sejak bupati Iskandar SE memimpin, menjabat bupati OKI belum terasa Enak nya. Disaat beliau ingin mencalonkan diri,sempat ada perjanjian yang tertulis di sehelai kertas,namun jangankan mau ketemu beliau masuk kantornya saja Susah,jadi perjanjian secarik kertas ini tidak berguna” ungkap sobri dalam pidatonya.

Mirisnya lagi,Sobri yang merupakan pangsiuna guru ini didepan halayak ramai membeberkan waktu jaman masa kampanye, dirinya sempat di tawarkan menjadi kepala sekolah tpi harapan itu tak pernah kesampaian hingga dirinya pensiun. Dengan bahasa daerahnya bila di terjemahkan ke bahasa Indonesia isinya sebagai berikut.

” saya waktu itu pernah di tawari memjadi kepala sekolah, saya pun menjawab ‘Mau’ setelah itu saya mengikuti instruksi dan mengantarkan berkas berkas ke palembang. Namun hingga sekarang tidak tau lagi kemana berkas tersebut ” ungkapnya.

Baca Juga :  PW GPJ Sulsel Respon Putusan Pusat, Dukung Ganjar Pranowo Bacapres 2024

Tak lama berselang, Alki langsung berdiri dan menyawer (memberikan sejumlah uang) kepada tokoh masyarakat,baru la suasana sedikit mencair dengan canda dari sang tokoh masyarakat dan gelak tawa dari warga dan tamu undangan yang hadir.

Di akhir pidato Sobri juga berpesan dan memgajak warga masyarakat ,agar di tahun politik ini untuk kompak memilih pemimpin dan calon legislatif di pemilu legislatif dan kepala daerah tahun 2024 nanti ,untuk memilih dengan pintar, jangan mudah termakan janji politik yang tidak mensejahterakan kehidupan masyarakat.

Dalam pidatonya Bupati OKI, Iskandar berpesan bagi Kepala yang sudah dilantik agar bersinergi dengan warganya sendiri sehingga terjalin komunikasi yang baik.
.
”Rangkul lah para Cakades yang tidak terpilih dan bina hubungan baik untuk membangun desa masing-masing dan ciptakan kerukunan di desa,” pesannya.
.
Sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada kepala desa, Iskandar menyebut terus meningkatkan kesejahteraan kepala desa beserta perangkatnya.

Iskandar juga berharap kepada masyarakat untuk mendukung program dan kebijakan kepala desa terpilih agar pembangunan desa cepat terealisasi.

Tak lupa di ujung pidatonya, sang bupati yang tak lama lagi mengakhiri masa jabatan ,meminta dukungan dari masyarakat untuk mendukung dan memilih dirinya sebagai calon legislatif untuk duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI ).

” Jangan memilih calon yang tidak dikenal,apalagi memilih lantaran foto Sudirman (Uang). Lebih baik orang sendiri yang sudah dikenal” Tutupnya.

Diakhir acara warga dan tamu undangan yang hadir,di berikan hadiah kejutan yang di taruh di bawah kursi, dengan hadiah menarik seperti mesin cuci, televisi, kipas angin,dan hadiah lainnya untuk 6 orang yang beruntung. ( Sahilin )