KPU Ogan Ilir Lantik 723 Anggota PPS Untuk Pilkada Serentak 2024

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – KPU Ogan Ilir secara resmi melaksanakan Pelantikan dan pengambilan Sumpah/Janji Angota Panitia Pemungutan Suara (PPS) sekabupaten Ogan Ilir untuk pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Sebanyak 723 Anggota PPS sekabupaten Ogan Ilir, terdiri dari 227 desa dan 14 kelurahan dari 16 kecamatan wilayah Kabupaten Ogan Ilir dilantik oleh Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah, bertempat di Gedung Serbaguna Caram Seguguk Komplek Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Inderalaya, Minggu (26/5/2024).

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar berpesan kepada anggota PPS yang telah dilantik untuk menjadi penyelenggara pemilu yang baik, yang berlangsung dengan adil, jujur dan dapat pemimpin sesuai dengan harapan masyarakat.

“Jadi jangan sampai yang harusnya anggaran ini bisa untuk masyarakat , karena ada pemilu pilkada diambil untuk kegiatan pilkada, justru yang kita lakukan berbanding terbalik sesuai yang diamanahkan, sesuai dengan harapan masyarakat kabupaten Ogan Ilir,” kata dia.

Bupati Panca berharap kepada penyelenggara pemilu pada Pilkada nanti dapat berjalan dengan kondusif, jujur dan dapat bertanggung jawab karena selalu penyelenggara banyak sekali beban dan amanah yang disematkan dipundak yang dilantik pada hari ini.

“Tentunya baik harapan masyarakat termasuk kontestan dapat melakukan penyelenggaran pemilu ini berlangsung dengan baik,adil, jujur karena juga harapan kita dapat berlangsung kondusif khususnya di Kabupaten Ogan Ilir, karena jangan sampai story kita selama ini, baik pilkades, pemilu dan lain-lain selalu berlangsung kondusifitas, harapan kita tetap menjaga historis itu tetap berlangsung aman sesuai dengan harapan masyarakat,” harapnya.

Sementara Ketua KPU Ogan Ilir Masjidah secara resmi melantik dan mengambil sumpah kepada 723 anggota PPS berdasarkan salinan keputusan KPU Ogan Ilir No 905 tahun 2024 tentang penetapan dan pengangkatan anggota panitia pemungutan suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati pada Kabupaten Ogan Ilir tahun 2024.

Baca Juga :  Peringati Hari Anak Nasional Ke 39 Tahun Dinas Pendidikan OI Suport Pendidikan Anak Usia Dini

“Bahwa sumpah yang saudara-saudari ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945,tanggung jawab terhadap tegaknya demokrasi dinegara kesatuan Republik Indonesia serta tanggung jawab terhadap pengamalan kode etik penyelenggara pemilu ” ucapnya saat melantik anggota panitia pemungutan suara.

Dikatakan Masjidah setelah dilantik sebagai penyelenggara pemilu maka ada hal-hal yang membatasi kalian dari yang sebelumnya, sebelumnya mungkin bisa bebas untuk berkoordinasi dengan siapapun terhadap peserta pemilu. Saat ini ketika sudah dilantik menjadi penyelenggara pemilu maka ada batasan-batasan yang perlu dilakukan.

” Kami berharap setalah ini untuk selalu berkoordinasi dalam menjalankan tugasnya,baik kepada pemerintah desa maupun Bhabinkamtibmas dan lainnya ” terangnya.

Lanjut Masjidah semua aturan yang dipakai oleh lembaga ini maka sudah barang tentu harus ditaati dan diikuti semua jajaran sampai ketingkat desa,

“Kami tidak mau mendengar adanya ditingkat jajaran bawah tidak ada harmonisasi, baik itu di internal maupun dengan jajaran satu level, jaga hubungan baik, baik itu PPS maupun PPK, setelah ini sudah banyak tahapan yang menanti dan harus menyesuaikan dengan lembaga ini, tidak ada hari libur dan ingat 11 fakta integritas yang sudah di lapazkan dan sudah ditandatangani,” tegasnya.