Kapolres Banjar Saksikan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

KOTA BANJAR, jurnalisbicara.com – Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto, S.I.K., M.H. menyaksikan secara langsung simulasi pemungutan dan penghitungan suara, Rabu (31/01/2024).

Kegiatan yang digelar oleh KPUD Kota Banjar tersebut digelar menjelang pelaksanaan hari H pencoblosan Pemilu 2024, KPU Kota Banjar melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

Simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 ini berlangsung di lapangan Ekadaya Desa Neglasari Kecamatan Banjar Kota Banjar.

Ketua KPU Kota Banjar Muhammad Mukhlis mengatakan, simulasi ini dilaksanakan untuk memberi gambaran proses pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari nanti.

“Simulasi ini kita gelar sebagai contoh kepada masyarakat, bagaimana proses pemungutan dan perhitungan suara nanti pada hari H pencoblosan,” katanya.

Dalam proses simulasi pemungutan dan perhitungan suara ini menggunakan contoh surat suara (spesimen), yang disesuaikan dengan aslinya.

Hanya saja identitas dan logo parpolnya dibedakan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Sementara itu Kapolres Banjar melalui Kasubsi Penmas Si Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan, S.H. mengatakan pihaknya mengajak kepada seluruh warga masyarakat kota Banjar untuk bersama-sama menjaga kondusifitas kota Banjar.

“Tentunya Kami mengerahkan 2/3 kekuatan Kami untuk All out dalam pengamanan Pemilu 2024 ini, terlebih menjelang pemungutan dan penghitungan suara. Kita pun berharap pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024 nanti bisa berjalan aman, lancar dan kondusif dengan partisipasi dari semua elemen masyarakat,” terangnya.

Divisi Penyelenggara KPU Kota Banjar Joko Nurhidayat menambahkan simulasi pemungutan dan perhitungan suara disesuaikan dengan jumlah DPT di Desa Neglasari.

Jika dalam simulasi terdapat kendala, maka akan menjadi bahan evaluasi sesuai dengan regulasi yang ada dalam perundang-undangan.

“Untuk simulasi kita fokuskan di sini saja, dengan harapan nanti pada hari H pencoblosan bisa terlaksana dengan baik, aman dan kondusif,” tambahnya.(Dani)

Baca Juga :  Sidang Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kab. Sukabumi akan Dilaksanakan di Gedung DPRD, Berikut Tanggal Pelaksanaannya