Tim SAR Gabungan Evakuasi Jasad Wanita Dari Dalam Sumur di Desa Srikandang Jepara

10/08/2021 18:01

JEPARA, jurnalisbicara.com – Harmulismain (37) seorang wanita warga Desa Srikandang RT 01/05 Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara tercebur ke dalam sumur, Senin (9/8) pukul 23.00 WIB, selang 2 jam kemudian berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia, Selasa ( 10/8/2021).

Kepada awak media Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, mengatakan bahwa awal kejadian sekitar pukul 22. 30 WIB korban berpamitan pergi kemudian keluarga mendengar suara yang berasal dari tutup sumur yang dibuka, setelah dicek ternyata Harmulismain sudah berada didalam sumur.

“Menurut keterangan keluarga, korban mempunyai riwayat gangguan jiwa, diduga korban nekat menceburkan diri kedalam sumur untuk mengakhiri hidupnya,” ungkap Heru.

Dengan informasi tersebut Kepala Kantor SAR Semarang memperintahkan Koordinator pos SAR Jepara Whisnu Yuas memberangkatkan satu tim rescue untuk melakukan pertolongan disertai alut vertikal rescue.

“Untuk menetralisasai udara didalam sumur digunakan blower terlebih dahulu, kemudian uapaya pertolongan dengan sistem lowering, satu rescuer turun dengan menggunakan tali untuk mengikat tubuh korban, selanjutnya korban ditarik dengan sistem lifting,” imbuhnya

Meskipun kedalaman sumur hanya sekitar 30 meter, namun diameternya yang hanya sekitar 1 meter serta kondisi sudah larut malam sempat menyulitkan tim SAR gabungan, yang terdiri dari tim SAR gabungan antara lain Pos SAR Jepara, BPBD, Polsek, Koramil, Puskesmas, PMI, Ubaloka, Shabana, Jepara Rescue, Bagana, Separatis serta warga sekitar, namun dengan usaha yang keras akhirnya dua jam kemudian korban berhasil dievakuasi namun korban sudah tidak bernyawa.

“Dengan berhasilnya evakausi maka operasi pertolongan dinyatakan selesai dan tim SAR yang terlibat kembali ke kesatuannya masing- masing,” tuturnya. (er)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x