Respons Positif Milenial dan Pemula Terhadap Investasi Saham Syariah di SIWS #23

24/10/2021 12:40

KAB.BOGOR, jurnalisbicara.com – Setelah 22 kali sukses menghelat Sharia InvestTalk Webinar Series (SIWS), Pimpinan Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggelar SIWS edisi ke-23 chapter Bogor dengan mengamanahi kepanitiaannya kepada MES Pimpinan Daerah Bogor. Tema yang diangkat pada Sabtu kemarin (23/10) yakni “Menjadi Investor Cerdas: Kenali Investasi yang Halal dan Legal”.

Dipandu oleh host Anto Apriyanto, Wakabid Diklatkonday MES PD Bogor, kedua narasumber yang dihadirkan berasal dari praktisi milenial di bidang investasi yaitu Rosyidah, representasi dari Indonesia Stock Exchange (IDX) Islamic (Bursa Efek Indonesia), dan representasi MayBank Kim Eng Sekuritas Danny Noviandi.

Acara yang dimulai pada pkl. 13.00 itu dibuka secara resmi oleh Ketua MES PD Bogor Dr. Efrita Norman. Mengawali sambutannya Efrita berharap, “Setelah mengikuti acara ini tingkat literasi di dunia investasi dan pasar modal syariah, terutama di kalangan anak muda milenial, menjadi meningkat”.

Di sesi pertama dalam pemaparannya Rosyidah menekankan aspek legalitas investasi di pasar modal syariah, baik secara regulasi yang langsung diawasi oleh OJK, maupun secara prinsip syariah oleh DSN-MUI. Lebih lanjut ia mengingatkan agar benar-benar teliti dan waspada sebelum berinvestasi. “Berdasarkan fakta banyak kasus investasi yang merugikan terjadi karena masyarakat tidak memahami dengan benar manajemen harta secara Islami, fiqih investasi, instrumen investasi, juga tujuan dan manfaat investasi. Kebanyakan masyarakat begitu mudah tergiur tawaran keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat, terlebih ternyata investasinya bodong. Padahal, langkah agar tidak tertipu ialah dimulai dari memperhatikan aspek legalitas investasinya, mengenali skema bisnis dan produk utamanya, mengidentifikasi resikonya, dan mempertimbangkan return yang ditawarkan logis atau tidaknya.”

Narasumber kedua dari MayBank Kim Eng Sekuritas Danny Noviandi tampil melengkapi penjelasan Rosyidah lebih secara teknis. Diawali dengan memaparkan sifat dan kedudukan sekuritas di pasar modal syariah.

“Sebelum memutuskan menjadi investor kita harus membuka terlebih dulu rekening saham dengan melengkapi beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. Setelah semua dokumen tersebut disiapkan lalu menentukan sekuritas. Sekuritas juga biasa disebut dengan broker. Sekuritas adalah perusahaan yang memiliki aktivitas utama melakukan jual beli efek yang tercatat di bursa saham. Pastikan, ketika kita memilih sekuritas, perusahaan tersebut telah memiliki izin dan wewenang untuk melakukan transaksi.”

Talkshow dengan durasi 120 menit tersebut cukup diminati publik terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan untuk kedua narasumber pada sesi interaktif. Lebih dari 110 orang peserta hadir pada aplikasi Zoom Meeting dan ada pula yang menonton pada channel YouTube Kalam Tv dan Dakara Tv.

Dihubungi terpisah, Ketua MES PD Bogor Dr. Efrita Norman berjanji akan mempersembahkan kembali event-event edukasi dan sosialisi pada bulan-bulan berikutnya dengan tema-tema bisnis dan ekonomi yang faktual juga aktual untuk dibahas secara ilmiah dan tentu sesuai perspektif Islam. (Heri)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x