Longsor di Simpenan Sukabumi Putus Akses Jalan ke 3 Desa

Longsor di Simpenan Sukabumi
Kondisi Jalan Penghubung Tiga Desa di Kec. Simpenan Kab. Sukabumi Hanya Bisa Dilewati Kendaraan Roda Dua. (Foto: Istimewa)

JURNALIS BICARA – Longsor susulan yang terjadi di wilayah Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, pada hari Jumat, 15 Maret 2024, pukul 11:30 WIB telah membuat jalan raya yang menghubungkan beberapa desa tidak bisa dilalui. Kejadian ini merupakan lanjutan dari longsor sebelumnya yang terjadi pada Sabtu, 09 Maret 2024, pukul 05:00 WIB.

Menurut laporan dari Pusat pengendalian operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, bahwa longsor menghubungkan tiga desa, yakni Cibuntu, Mekarasih, dan Mekarsari, di Kecamatan Warung Kiara. Cuaca ekstrem yang disertai hujan terus menerus menjadi penyebab utama dari peristiwa ini.

Kronologi kejadian menunjukkan bahwa bahu jalan kabupaten di Kp. Cisepan RT 025/RW 06 mengalami penggerusan dengan dimensi lebar 80 cm, panjang 30 m, dan tinggi tebing mencapai 20 m. Kini, jalan tersebut hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan roda dua, dengan amblesan mencapai 2 meter.

Baca juga: Tanah Longsor di Simpenan Sukabumi, Berdampak pada Rumah Hingga Mushola

Tidak ada laporan mengenai korban luka atau jiwa dalam peristiwa ini. Namun, pengguna jalan dari masyarakat desa Cibuntu, Mekarasih, dan sebagian warga Bantar Gebang terancam akibat jalan yang tertutup.

Sejumlah upaya telah dilakukan untuk penanganan darurat, antara lain koordinasi antara P2BK Simpenan dengan perangkat Desa Cibuntu, Kepala Desa Citepus, Kuspika Kecamatan, Satpol PP Babinsa, dan Bhabinkamtibmas. Assessment ke lokasi kejadian juga telah dilakukan, sementara himbauan kepada warga untuk tetap waspada telah disampaikan.

Sementara itu, pemerintah kabupaten telah memasang pembatas dan rambu longsor di sekitar lokasi. Namun, pelebaran dampak penggerusan tanah diperkirakan akan terus terjadi seiring dengan intensitas hujan yang tinggi.***

(Fresly)