Henky Kurniawan Tinjau Kondisi Terakhir TPA Sarimukti Yang Terbakar

KAB.BANDUNG BARAT, jurnalisbicara.com – Untuk mengetahui kondisi terkini, Kamis (24/8) Siang tadi Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan meninjau langsung kondisi terkini kebakaran di TPA Sarimukti yang belum kunjung padam sejak beberapa hari terakhir

Menurut observasi dan laporan dari Dinas Pemadam Kebakaran Bandung Barat, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat dan petugas BPBD, diketahui bahwa dari sekitar 6,5 Hektar luas lahan TPA Sarimukti, sudah sekitar 95 persen telah terbakar dan mengeluarkan asap pekat yang sangat berbagaya bagi kesehatan.

“Berbagai ikhtiar telah kami lakukan dari darat, namun belum membuahkan hasil maksimal. Kami sangat berharap bantuan dari Pemerintah Pusat segera datang dengan memerintahkan helikopter bom air yang akan melakukan pemadaman dari udara,” ungkapnya.

Karena menurutnya, para petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung Barat dan kab/kota tetangga sudah menjalankan tugasnya secara maksimal, tapi karena cuaca sangat terik dan api dibawah cukup besar, menyebabkan air yang disemprotkan dipermukaan cepat mengering.

“Saya memohon Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera melakukan kajian keilmuan lebih lanjut agar kebakaran ini segera bisa teratasi,” pintanya.

Dan agar tidak terjadi darurat sampah dikawasan Bandung Raya, Hengki jiga meminta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat untuk mencari Tempat Pembuangan Sampah Sementara sebagai alternatif sampai menunggu keputusan lebih lanjut.

“Potensi sampah dari Kabupaten Bandung Barat saja sekitar 300-600 ton setiap harinya, tidak termasuk dari daerah lain di Bandung Raya. Oleh karena itu saya meminta agar dicarikan Tempat Pembuangan sementara agar tidak terjadi tumpukan sampah yang berpotensi menjadikan Bandung lautan sampah,” harapnya. (Deni HM)

Baca Juga :  Penertiban PKL di Jalan Perniagaan Kota Sukabumi, Diapresiasi Anggota DPRD