Hadapi Ramadhan, Bupati Anne Pastikan Stok dan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Menjelang Ramadan 1444 H/2023 M harga bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Purwakarta cendrung stabil. Hal itu dikatakan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika ketika menggelar inspeksi mendadak (sidak) bersama jajarannya di Pasar Rebo Purwakarta pada Jumat (17/3/2023).

Ambu Anne mengatakan, minyak goreng kemasan maupun curah, setelah di cek ternyata aman dan harga cukup. Terigu dan gula pasir juga sama relatif setabil.

“Setelah di cek kepada para pedagang, harga minyak goreng kemasan maupun curah harganya aman tidak ada kenaikan, terigu dan gula pasir juga sama relatif setabil,” ujar Bupati Anne, saat di temui di pasar Rebo, Purwakarta.

Lebih lanjut, Bupati Anne yang lebih dekat dengan sapaan Ambu Anne ini mengatakan, harga beras premium di Pasar Rebo Purwakarta saat ini sudah kembali normal di harga Rp. 9.000 perliter. Padahal sebelumnya pernah menyentuh harga Rp. 14.000 perliter. “Harga beras premiun juga sudah mulai normal harganya,” ujar Ambu Anne.

Ia menegaskan, jelang Ramadhan 1444 H, semua bahan pokok tersedia dan tidak ada yang langka ataupun susah didapatkan. Hanya saja, sejumlah bahan pokok memang ada yang alami kenaikan harga.

“Untuk pasokan bahan pokok tadi saya tanya ke para pedagang semua aman berapapun yang mereka butuhkan ke distributor dan distributor memberikan artinya pasokan itu aman di distributornya masing-masing dengan artinya tersedia,” tuturnya.

Namun, Ambu Anne juga tidak dapat memungkiri karena ada beberapa harga bahan pokok yang mengalami kenaikan. Hal itu disebabkan bukan karena menjelang bulan Ramadhan, tetapi karena permintaan masyarakat yang cendrung meningkat.

“Ada yang mengalami kenaikan, daging sapi mengalami kenaikan, dari Rp 120 ribu per Kg di bulan lalu sekarang menjadi Rp 130. Telur ayam juga alami kenaikan harga dari Rp 29.000 per Kg ke Rp 31.000. Untuk cabe merah keriting maupun besar itu saat ini di Rp 50.000 per Kg, untuk bawang merah yang jenis bawang merah berebes di angka 40.000 per Kg,” ujarnya.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi, Sekdes Cihuni Turun Tangan Bantu Warga

Apabila ada kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dan susah di dapat, Bupati Anne sudah menyiapkan skema agar kebutuhan masyarakat tetap terjaga.

“Kita siapkan bazar Ramadhan di setiap di Kecamatan-kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Priotas utamanya adalah untuk keluarga kurang mampu. Di bazar itu juga kami sediakan daging sapi segar dan beku, ayam potong, sayuran, beras minyak sayur, gula pasir, semua kami siapkan di bazar murah itu dan harga jauh lebih murah dari pasar tradisional,” demikan Ambu Anne.(Dwi)