Wali Kota Luncurkan Aplikasi Sipanda Untuk Memantau Kondisi Pangan

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi pada 31 Agustus 2023 menggelar Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan serta meluncurkan aplikasi SIPANDA (Sistem Informasi Pangan Daerah). Rakor yang dilaksanakan di Balai Kota dihadiri pula diantaranya oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, perwakilan Badan Pangan Nasional, serta para camat dan lurah.
Kepala DKP3 Kota Sukabumi,

Adrian Hariadi, saat diwawancarai usai pembukaan Rakor yang dihadiri pula LPPM Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang menjadi salah satu mitra strategis bidang pangan, mengatakan bahwa aplikasi SIPANDA memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk memantau fluktuasi harga pangan dipasaran.

Sementara Wali Kota yang diwawancarai seusai membuka Rakor serta meluncurkan Aplikasi SIPANDA menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk melakukan evaluasi rutin kondisi ketahanan pangan di Kota Sukabumi.

Dalam Rakor tersebut ia pun menekankan kolaborasi antara Pemerintah dengan pemangku kepentingan pertanian seperti KTNA dengan harapan ketersediaan pangan bisa dikendalikan dengan baik.

Sedangkan terkait aplikasi, ia mengharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kendati masih terdapat beberapa peningkatan yang harus dilakukan, agar informasi yang disajikan aplikasi ini selalu mutakhir.

“Harapannya aplikasi ini menjadi guidance bagi masyarakat, berapa harga di pasaran, kemudian berhubungan dengan jaringan pangan ada dimana saja, dilakukan melalui aplikasi SIPANDA. Masyarakat dapat men – download SIPANDA melalui playstore untuk pengguna android.” pungkasnya. (ald)

Baca Juga :  Bupati Sukabumi Respon Baik Penggunaan Biomassa Oleh PLTU Palabuhanratu