Plt.Walikota Hadiri Gebyar Vaksinasi Lansia Tingkat Kota Cimahi Tahun 2021

17/05/2021 18:41

CIMAHI- Percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat Lanjut Usia (Lansia) merupakan hal yang sangat penting mengingat Lansia merupakan kelompok yang paling rentan terpapar oleh pandemic ini. Untuk itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok Lansia yang hingga saat ini masih relative rendah persentasenya sekaligus sebagai bentuk penanggulangan penyebaran virus corona.

Demikian diutarakan Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana, usai meninjau pelaksanaankegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia (GVL) tingkat Kota Cimahi tahun 2021 di Kantor Kecamatan Cimahi Tengah, Jalan Terusan, Kota Cimahi pada Senin (17/05).

Dikatakan Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, saat ini cakupan vaksinasi lansia tingkat nasional masih rendah yaitu baru sekitar 2 juta jiwa sedangkan cakupan vaksinasi lansia di Kota Cimahi baru mencapai 28,85% dari total penduduk Kota Cimahi yang masuk kategori tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 bagi lansia, maka akan dilaksanakan kegiatan GVL di seluruh Indonesia selama 2 minggu, yaitu pada 17 – 29 Mei 2021.

Pihaknya berharap, melalui percepatan vaksinasi Covid-19 dapat membuat pandemi Covid-19 segera berakhir. Untuk itu, ia mengajak seluruh stakeholders bersama-sama mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 ini.

Kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia ini sekalius merupakan rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 29 Mei tiap tahunnya. Tentu Kota Cimahi harus turut mendukung program vaksinasi untuk lansia ini, tuturnya.

Ditambahkan Ngatiyana, untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan secara rutin, Pemkot Cimahi akan melaksanakan kegiatan bulan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh lansia yang akan dilaksanakan bekerjasama dengan institusi pendidikan yang ada di Kota Cimahi dan dilaksanakan secara bertahap.

Tujuan dari Kegiatan vaksinasi ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi lanjut usia. Kita harus kerja keras karena target [vaksinasi] harus kita capai. Kalau perlu kita turun untuk jemput bola sampai ke tingkat RW di setiap kelurahan yah.

“Kami memohon kerjasama semua pihak demi kelancaran program vaksinasi ini,” pinta Ngatiyana.

Terkait masalah gelombang pemudik yang hendak kembali ke Kota Cimahi, Ngatiyana mengaku, Pemkot Cimahi telah mempersiapkan segala sesuatunya berkenaan dengan hal ini.

Menurutnya, Pemkot Cimahi melalui Dinas Kesehatan dan jajaran Satgas Covid-19 di masing-masing kelurahan akan menyisir warga masyarakat yang baru saja kembali dari luar kota untuk dilakukan pemeriksaan baik melalui PCR swab test maupun rapid anti gen.

“Mulai besok (Selasa – Red) kita laksanakan pemeriksaan karena hari ini (Senin – Red) diperkirakan orang-orang ini kembali, kalau ada yang mudik yah. Tetapi nanti tergantung dari laporan pihak RW nya. Kalau nanti RW nya ada yang memnta pemeriksaan, kita adakan pemeriksanaan anti gen kalau perlu kita swab juga,” pungkas Ngatiyana.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi, diperoleh informasi bahwa kegiatan GVL tingkat Kota Cimahi dilaksanakan secara serentak di tiga kecamatan di Kota Cimahi pada 17 Mei 2021.

Untuk tingkat Kecamatan Cimahi Utara, kegiatan GVL dihadiri dan dicanangkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan sedagkan untuk tingkat Kecamatan Cimahi Selatan dihadiri dan dicanangkan langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Cimahi Maria Fitriana.

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x