OKI Dukung Program Layanan KB Serentak Sejuta Akseptor

KAB.OKI, jurnalisbicara.com – Keluarga memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan dimana persemaian nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan, keadilan sosial, dan nilai-nilai moral secara praktis akan berproses dan ditentukan oleh keluarga.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan momentum untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, dan mengingatkan kita semua akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk menjadi bangsa serta dapat menjadi daya ungkit keberhasilan program dan menjadi penguat komitmen bersama untuk percepatan penurunan Stunting.

Pj. Bupati OKI Ir. Asmar Wijaya, M.Si didampingi Pj. Ketua TP PKK Sukmawati Asmar, SE dan OPD terkait mengikuti kegiatan launching pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024 yang terpusat di Desa Sukapulih Kec. Pedamaran dan dilakukan secara virtual serentak se Sumatera Selatan, Selasa (4/06/2024).

“Pelayanan KB sejuta akseptor ini ditujukan untuk menyongsong hari Keluarga Nasional yang jatuh tanggal 29 Juni di setiap tahunnya oleh karena itu dilakukan gerakan secara serentak di seluruh Indonesia dan Provinsi Sumatera Selatan termasuk di seluruh fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten OKI yang dipusatkan di Desa Sukapulih Kec. Pedamaran dengan target pelayanan Satu Juta Akseptor se Indonesia dalam satu hari,” ujar Pj. Bupati Asmar dalam sambutannya.

Pelayanan yang menargetkan seluruh keluarga di Kabupaten OKI ini sebagai bentuk dukungan Pemkab OKI dalam mendukung program Nasional Keluarga Berencana (KB).

“Keluarga merupakan satuan komponen terkecil dalam susunan pemerintahan di bangsa kita, karena dari keluarga kita berharap dapat melahirkan anak bangsa yang lahir secara sehat, cerdas intelektual, cerdas rohani dan cerdas sosialnya serta kita harapkan dari anak-anak inilah kelak menjadi harapan bangsa yang maju dan unggul di tengah peradaban dunia,” sambung Asmar.

Baca Juga :  Pemkab OKI Bersama Satgas Pangan Polri Cek Harga Bapokting Jelang Lebaran

Terakhir Asmar menghimbau kepada seluruh Stake Holder yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir agar turut serta mensukseskan program Gerakan Pelayanan KB Sejuta Akseptor di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Kami menghimbau kepada stake holder baik camat, pimpinan puskesmas, kepala desa, tenaga penyuluh KB dan Bidan selaku garda terdepan dalam memberikan pelayanan KB untuk mendukung program Keluarga Berencana di semua lini dengan mensinergikan upaya Pemerintah Menuju Kabupaten Ogan Komering Ilir Zero Stunting,” pungkas Asmar.