Ngatiyana Canangkan Kesatuan Gerak PKK Kota Cimahi 2021

02/10/2021 07:39

KOTA CIMAHI, jurnalisbicara.com – Untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang merata serta meningkatkan kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih, sehat dan berkualitas, melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bangga Kencana-Kesehatan dan Posyandu, PKK Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan Pencanangan dan Rakor Kesatuan Gerak (KESRAK) PKK Bangga Kencana-Kesehatan dan Posyandu Tingkat Kota Cimahi Tahun 2021 pada hari Jumat (1/10).

Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini diikuti oleh 256 peserta yakni 216 orang yang hadir secara daring dan 40 orang hadir secara luring di Aula Gedung A Pemerintahan Kota Cimahi dengan mematuhi protokol Kesehatan yang ketat.

Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana, hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengupayakan penduduk tumbuh seimbang dimulai dengan menggerakkan masyarakat agar keluarga sadar kesehatan, berdaya dan sejahtera dengan melibatkan lintas sektor terkait di bidang pemberdayaan keluarga, keluarga berencana dan Kesehatan.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK – Bangga Kencana – Kesehatan – Posyandu sendiri merupakan intensifikasi peran gerakan PKK dalam program Bangga Kencana dan pembangunan kesehatan keluarga yang dilaksanakan secara terpadu di semua tingkatan wilayah Kota Cimahi.

PKK Kota Cimahi juga menggalakan program PKK tanggap dan tangguh bencana (Keluarga Gagah Bencana) dalam program prioritas 2021-2024. Keluarga PKK Gagah Bencana adalah kelurahan binaan PKK untuk mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat untuk mewujudkan kesehatan dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya.
Sembilan capaian program keluarga PKK Gagah Bencana, yakni :

Penurunan angka stunting, Meningkatnya kesehatan masyarakat, Menurunnya angka kematian ibu, bayi dan balita, Terwujudnya keluarga yang tanggap dan tanggung terhadap bencana rumah tangga, Terwujudnya kelurahan yang tanggap dan tangguh dalam penanganan darurat bencana alam,

Selanjutnya, Meningkatnya komitmen masyarakat menjaga kelestarian lingkungan, Meningkatnya jumlah peserta KB, Terwujudnya keluarga yang tanggung dalam perencanaan keuangan, Meningkatnya kelahiran bayi yang cukup bulan dengan berat badan normal.

Ngatiyana menyatakan bahwa isu stunting masih menjadi masalah bersama baik di tingkat nasional maupun daerah, “Di Kota Cimahi sendiri tercatat angka stunting pada batita sebesar 9.87 % dan balita 11.01 % per Februari tahun 2021,” ungkapnya.

“Karenanya peran tim penggerak PKK sangat dibutuhkan mengingat keterlibatannya merupakan salah satu perpanjangan tangan pemerintah daerah sebagai edukator yang langsung berinteraksi dengan masyarakat sekitar,” jelas Ngatiyana.

Ngatiyana berharap melalui kegiatan Kesatuan Gerak Pkk -Bangga Kencana – Kesehatan – Posyandu tingkat Kota Cimahi ini diharapkan akan mampu meningkatkan cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan keluarga, seperti mendorong masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat baik bagi diri sendiri, keluarga maupun lingkungan agar terciptanya lingkungan bersih dan sehat pula.

“Diharapkan para kader PKK beserta seluruh tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga akan semakin menghayati makna dari program-program yang tengah diusung dan mari bersama bahu membahu kita bekerja serta mengabdi sepenuh hati dengan keikhlasan dalam menjalankan amanat dari sekian capaian yang mesti dilaksanakan agar terwujudnya keluarga Kota Cimahi sejahtera meski di tengah masa pandemi ini. Sejalan dengan tema kesatuan gerak PKK-bangga kencana-kesehatan-posyandu tahun 2021 yaitu “Kita Wujudkan Keluarga Sehat Sejahtera Menuju Jawa Barat Juara”, tutup Ngatiyana.

Pada kegiatan pencanganan KESRAK tersebut juga dilakukan penyerahan piala lomba Kesatuan Gerak PKK, yaitu :
Lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana-Kesehatan-Posyandu tahun 2020
Juara I RW 08 Kelurahan Citeureup
Juara II RW 01 Kelurahan Cimahi
Juara III RW 09 Kelurahan Leuwigajah
Kader Berprestasi
Juara I Dewi Tri Handayani Kelurahan Cibabat
Juara II Rika Kartika Kelurahan Pasirkaliki
Juara III Siti Hafizah Kelurahan Cigugur Tengah
Lomba 10 Program Pokok PKK
Juara I Kelurahan Cibabat
Juara II Kelurahan Cibeureum
Juara III Kelurahan Setiamanah.

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x