Penyaluran Baznas Kota Sukabumi Meningkat 82 Persen

20/01/2023 10:44

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – 
Dalam rangka memperingati Milad Baznas yang ke-22, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sukabumi menggelar acara silaturahmi dengan seluruh unsur Forkopimda, SKPD dan BUMD di lingkungan pemerintah Kota Sukabumi, Rabu, 18 Januari 2023, di Gedung Pusat Kajian Islam Kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, dalam kesempatan tersebut mengatakan, Baznas merupakan salah satu organisasi pemerintah non struktural yang mempunyai tugas dan fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.

Wali kota juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Baznas dalam menjalankan fungsinya sebagai penghimpun dan penyalur zakat, infak dan sedekah.

Dalam momen tersebut, Wali kota mengapresiasi kinerja Baznas, karena di tahun 2022, Baznas berhasil mengumpulkan zakat sebanyak 5,6 miliyar rupiah. 82 persen dari zakat yang terkumpul, bersumber dari zakat profesi dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan dari masyarakat Kota Sukabumi.

Ia juga meminta kepada baznas untuk mensosialisasikan program Baznas kepada masyarakat kota sukabumi sehingga dapat dikenal di masyarakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Sukabumi, Miftah Amir, menjelaskan, selama tahun 2022 Baznas Kota Sukabumi telah menyalurkan bantuan sebesar 5,6 milyar rupiah dengan rasio penyaluran sebesar 82 persen, sehingga mendapat anugerah dana hibah tertinggi dari Baznas Jawa Barat dan Kepala Daerah Peduli Baznas yang diterima oleh Wali Kota Sukabumi.

Selanjutnya dijelaskan, ada sebanyak 58.762 orang penerima manfaat, dengan rincian 12.832 dari individu dan lembaga, serta 45.939 dari zakat fitrah. Untuk program tahun 2023 Baznas akan melakukan bimtek dan pembinaan 100 UPZ DKM, 70 OPD, edukasi rutin Baznas, pembuatan sistem Azaki, Optimalisasi saung amal, Optimalisasi market place, BTB, Distro Mouztahik, dan Plaza master.(ida)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x