Bupati Ciamis Ajak Perangkat Daerah Tingkatkan Kinerja dan Tuntaskan Target Pembangunan Yang Telah Tertuang Dalam RPJMD

KAB. CIAMIS, jurnalisbicara.com – Forum konsultasi publik rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis tahun 2024, merupakan sarana untuk menjaring saran dan masukan dari seluruh stakeholder untuk menyempurnakan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah yang telah disusun.

Kegiatan pembahasan RKPD yang bertempat di Aula Bappeda Ciamis, Senin (30/01/2023). Di buka secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahun 2024 adalah tahun ke-5 atau tahun terakhir dari periode perencanaan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

Herdiat mengajak seluruh perangkat daerah untuk sama-sama meningkatkan kinerja dengan bekerjasama dan berkolaborasi untuk sama-sama mencapai serta menuntaskan target yang telah tertuang dalam RPJMD.

“Dalam kaitan itulah maka proses penyusunan rancangan awal RKPD ini harus memberi penekanan terhadap penyelesaian dan pencapaian target-target pembangunan yang telah disepakati dan tertuang dalam RPJMD tahun 2019-2024,” Jelas Bupati Herdiat

Bupati juga berharap semua jajaran pemerintah daerah baik kepala OPD, Camat sampai Kepala Desa beserta jajarannya dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab yang telah diberikan.

“Kepada semua pimpinan OPD, tidak ada lagi Visi Misi OPD. Semuanya harus mengarah pada RPJMD yang telah dIsepakati dan sudah ditetapkan dalam Perda,” tegasnya.

Menurutnya, adanya kolaborasi, kebersamaan dan kerja keras semua pihak itulah yang akan mampu dan bisa mencapai target yang telah tertuang dalam RPJMD.

“Saya sangat optimis apabila kinerja bapak ibu semua dapat terus berlari dan berlari tidak ada yang duduk manis cuma menonton, maka apa yang telah menjadi target kita semua akan tercapai,” ungkapnya.

Meski begitu, disampaikan Bupati Herdiat bahwa berbagai program pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2022 lalu telah menunjukkan hasil yang positif.

Diantaranya beberapa capaian kinerja mengalami perkembangan yang lebih baik dibandingkan dengan tahun 2021 salah satunya yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2022 mencapai angka 71,45 poin naik 0.52 poin dari tahun sebelumnya.

Kemudian tingkat pengangguran terbuka tercatat sebesar 3,75 persen dari sebelumnya 5,06 persen, persentase Penduduk miskin tahun 2022 tercatat sebesar 7,7 persen menurun 0,25 persen dan indeks GINI Tahun 2022 sebesar 0,337 poin menurun sebesar 0,005 poin dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kepada seluruh jajaran pemerintah daerah saya meminta untuk lebih meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan program kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga mampu menuntaskan target pembangunan yang ditetapkan, guna membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik,” pungkasnya. (Heryadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *