Bappeda Sosialisasikan Penggunaan SIPD RI

JURNALIS BICARA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti seluruh Kasubbag Perencanaan dan Keuangan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota Sukabumi. Bimtek tersebut digelar pada hari Selasa (28/02/2023) di Hotel Santika.

Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bappeda Kota Sukabumi, Asep Supriadi, mengatakan bahwa bimtek dilaksanakan karena berdasarkan surat Dirjen Bina Bangda Kemendagri yang diterima oleh pihaknya, mulai tahun 2024 akan digunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) RI menggantikan SIPD Merah Putih yang selama ini digunakan oleh Pemerintah Daerah.

Menurutnya diperlukan bimtek agar para Kasubbag Perencanaan dan Keuangan OPD memahami perbedaan yang cukup signifikan, terutama dalam menu perencanaan pada SIPD RI.

Baca Juga : DPRD Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Pertama di Tahun 2023

Ia menambahkan bahwa pasca bimtek, setiap OPD harus segera memasukkan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) atau usulan kegiatan tahun 2024 secara terperinci ke SIPD RI.

Menurutnya sistem yang terintegrasi dengan Kementerian Dalam Negeri tersebut sejalan dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017, dan kedepannya setiap perencanaan harus menyesuaikan dengan database yang telah di – input kedalam SIPD RI. (ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *