Sinarpagi Award 2023, DPRD Cimahi Raih The Best Work Partner Jurnalist

H.Totong Solehudin, S.Sos, M.Si Sekretaris DPRD Kota Cimahi, saat menerima anugrah SINAR PAGI Award 2023, Hotel Harmoni, Tasikmalaya. Jumat (04/08/2023).

TASIKMALAYA, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, S,E secara resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional dan Malam Penganugrahan SINAR PAGI AWARD 2023, bertempat di Ballroom Harmoni Hotel, Tasikmalaya, Jum’at (04/08/2023).

Kang Uu sapaan akrabnya menyampaikan bahwa setiap karya jurnalistik yang diterbitkan di media massa mencerminkan kondisi masyarakat, dunia atau bahkan pemerintahan.

“Jika judul atau isi berita dipublikasikan wartawan tentang pemerintahan itu bagus, maka dinilai baguslah kinerjanya. Sebaliknya apabila yang ditulis jelek, maka jeleklah pandangan masyarakat kepada kinerja atau program pemerintahannya,” kata Wagub dalam sambutannya.

Dikatakan, Uu jika kehadiran media massa atau koran, tabloid selama ini masih tetap menjadi pilihan referensi dibandingkan media sosial. “Artinya kalau berita itu keluar dari media, koran, tabloid, TV, itu pasti benar sumbernya. Berbeda dengan medsos, video, facebook dan lainnya bisa saja hoaks,” tutur kang Uu.

Dengan adanya penganugrahan seperti ini menurut kang Uu, adalah hal luar biasa dikarenakan adanya kolaborasi positif dalam mengakselerasi persamaan idealis.

“Wartawan harus berupaya menghasilkan berita yang akurat, cepat, berimbang, dapat dipertanggung jawabkan dan bermanfaat, serta tetap mengutamakan integritas dan independent pada setiap karyanya. Jangan sampai membuat berita bohong, karena itu haram hukumnya,” pesannya.

Hal senada dikatakan Sekretaris DPRD Cimahi, H. Totong Solehudin, S.Sos, M.Si, saat pihaknya menerima penghargaan sebagai “THE BEST WORK PARTNER JURNALIST 2023” untuk kategori DPRD Terbaik dalam kolaborasi dengan media.

“Alhamdulillah, saya bersyukur pada Allah SWT dan berterima kasih atas undangan malam penganugerahan yang luar biasa ini. Karena ini adalah rakornas terbaik yang pernah saya ikuti,” tutur H. Totong Solehudin saat jumpa pers. Jumat (04/08/2023).

Baca Juga :  Dandim 1525 Jeneponto Jadi Orang Pertama Di Suntik Vaksin Sinovac

Saat ini bukan jamanya lagi mem-pressure atau menekan terhadap pemerintahan. Akan tetapi saling men-support karena tujuannya sama yakni membangun.

“Ini menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi Pentahelix yang unsurnya ABCGM yakni Akademisi, Bisnis, Community, Government dan Media,” papar Sekwan DPRD Cimahi.

Di akhir pesannya, H.Totong Solehudin menyampaikan apresiasi dan meminta untuk terus berkarya dalam membangun bangsa melalui informasi yang aktual.

“Ini adalah bentuk pengakuan, saya sangat apresiasi. Terus bersinergi dalam memberi informasi edukasi melalui media, sukses untuk rakornas,” tutup dia.

Perlu diketahui, bahwasanya selain DPRD Kota Cimahi yang mendapat penghargaan kategori THE BEST WORK JURNALIST 2023, untuk tingkat provinsi adalah Provinsi Bangka Belitung, dan untuk Kota terbaik adalah Kota Cimahi. Sedangkan untuk kategori peduli lingkungan hidup diraih oleh DLH Kota Tasikmalaya. (Red).*