Pinwil 1 bank bjb dan Pincab Cimahi Hadiri Pembukaan Kejuaraan Pencak Silat Piala KASAD 2023

Pimpinan Cabang bjb Cimahi, Ayi Subarna (No.2) dari kanan bersama Kadisjas TNI AD, Brigjen TNI Aminudin. Saat Kejurka Pencak silat Piala Kasad 2023, di Mako Disjas AD. Jum’at (26/5/2023).*

CIMAHI – Pimpinan Wilayah 1 bank bjb Iwan Prasetyo dan Pimpinan Cabang bank bjb Cimahi, Ayi Subarna mewakili Direktur Utama menghadiri Pembukaan Kejuaraan Terbuka Pencak Silat Piala KASAD I Tahun 2023, di Mako DISJAS TNI AD, Jalan Baros, Cimahi. Jumat (26/05/2023).

Kejuaraan tersebut berlangsung mulai tanggal 26 hingga 28 Mei 2023 diikuti oleh 2.040 Atlet yang di bagi dalam dua kategori yaitu Pemasalan (usia dini) sebanyak 1.075 atlet dari tingkat SD 624 atlet dan tingkat SMP 451 atlet.

Sedangkan untuk kategori prestasi yakni sebanyak 965 atlet terdiri dari tingkat SMA/SMK sederajat 350 atlet, tingkat dewasa umum 383 atlet. Selanjutnya tingkat TNI-Polri 232 Atlet yang terdiri dari TNI AD 173 atlet, TNI AL 13 atlet, TNI AU 5 atlet dan Polri 41 atlet.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakasad Letnan Jenderal TNI Agus Subianto mengatakan bahwa, setiap bangsa pasti memiliki warisan yang dapat dibanggakan termasuk bangsa Indonesia yang terdiri dari ribuan suku. Banyak warisan dari para leluhur baik berupa budaya tradisi dan adat istiadat. Salah satu warisan tersebut adalah Pencak Silat. 

“Pencak silat merupakan cabang olahraga beladiri nusantara yang memiliki unsur seni dan nilai budaya. Bahkan menuntut konsentrasi tinggi dan pemikiran mendalam dalam setiap langkah. Hal ini menjadikan pencak silat sebagai salah satu olah raga yang patut dipelajari, tidak hanya untuk menyehatkan raga, namun juga nilai etika, norma dan budi pekerti”, tutur KASAD. 

Baca Juga :  Optimalisasi Vaksinasi di Garut, Satgas Covid Terbitkan Surat Edaran

Sebagai identitas bangsa, pencak silat harus diajarkan pada masyarakat demi menjaga agar tidak di klaim oleh negara lain. Agar lebih mendunia, TNI AD dan IPSI bekerjasama menggelar kejuaraan pencak silat Piala Kasad Ke-1 dengan lingkup nasional.

“Saya berpesan bahwa kalah dan menang adalah bumbu pada setiap perlombaan, maka legawalah jika mendapatkan kekalahan dan jangan Jumawa jika mampu meraih juara”, pesan Kasad di sampaikan Wakasad Letjen Agus Subianto pada awak media SILATJABAR.COM, Jum’at (26/05/2023).