Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh, Apa saja?

daun sirih/red betel leaf

JURNALIS BICARA- Daun sirih sering kali digunakan sebagai tanaman herbal yang mampu menyembuhkan suatu penyakit.

Bahkan sebagian masyarakat menyebut daun sirih sebagai tanaman kesuburan karena manfaat daun sirih yang banyak bagi kesehatan tubuh.

Manfaat seperti apa yang bisa dirasakan oleh kita melalui daun sirih? Baca selengkapnya manfaat daun sirih bagi kesehatan di bawah ini.

Baca Juga: Apa Benar Tinta Cumi-Cumi Bisa Di Konsumsi? Baca Tentang Manfaat nya Disini!

Dirangkum  jurnalisbicara.com dari berbagai sumber pada, Selasa, 28 Februari 2023, berikut ini manfaat daun sirih bagi kesehatan.

1. Mencegah kadar gula dalam darah meningkat

Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah.

Baca Juga: Bahaya! Ini Jadinya Kalau Keseringan Bersentuhan Langsung Dengan Deterjen Saat Mencuci

Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderita.

Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah hal ini pada diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh.

Bahkan minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes.

2. Mencegah penyakit kanker

Daun sirih memiliki senyawa fenolik di dalamnya yang dapat mengandung berbagai khasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif.

Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar.

Daun sirih juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor ini penting dalam mencegah kanker.

Baca Juga :  Gabungan Ormas Bogor Barat Bersihkan Sampah Pinggir Jalan