Gawaat! Jangan Sering-Sering Makanan ini di Masuk Menu Utama Kamu, Bisa Picu Penyakit Kanker

ilustrasi sell kanker (freepik)

JURNALIS BICARA – Memicu datangnya penyakit kanker bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Namun seringnya muncul suatu penyakit, salah satunya seperti kanker bisa dipicu dengan ketidak sehatannya makanan yang Anda konsumsi.

Artinya, penyakit kanker bisa muncul tiba-tiba dari makanan yang selama ini Anda konsumsi.

Makanan apa saja yang bisa memicu penyakit kanker? Simak selengkapnya dibawah ini.

Dirangkum jurnalisbicara.com dari berbagai sumber pada Selasa, 21 Maret 2023 berikut ini makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Baca Juga:Hindari Konsumsi Makanan Ini! Bisa Menaikan Asam Urat Kamu

1. Gorengan

Makanan yang diproses menggunakan suhu tinggi diketahui dapat meningkatkan risiko kanker, gorengan salah satunya.

Gorengan termasuk dalam makanan bertepung, yang mana bila diolah dengan suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa akrilamida yang sifatnya karsinogenik.

Senyawa tersebut juga dapat merusak DNA dan menyebabkan kematian atau mutasi sel. Bahkan bukan hanya kanker, mengonsumsi gorengan berlebih juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

Baca Juga:Cara Bedakan Antara Jujur dengan Berbohong, Kenali Gestur Jika Seseorang Berkata Jujur

2. Makanan Tinggi Garam

Rasa asin pada makanan memang memberikan kenikmatan tersendiri. Namun, tahukah Anda bahwa makanan tinggi garam ini menjadi salah satu pemicu kanker? Garam memiliki efek karsinogenik yang dapat mendorong pertumbuhan sel kanker, terutama pada pengidap infeksi Helicobacter pylori.

Bahan makanan pemicu kanker yang satu ini juga diketahui dapat meningkatkan laju proliferasi yang membuat sel menjadi lebih aktif dalam membelah, sehingga memungkinkan adanya pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker.

3. Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Olahan

Makanan pemicu kanker yang perlu dibatasi berikutnya adalah makanan tinggi gula dan karbohidrat olahan, seperti pasta, sereal manis, nasi putih, roti tawar, dan berbagai jenis kue.

Baca Juga :  Bupati Iksan Iskandar Undang Pimpinan DPRD dan Forkopimda Bahas Penanganan Covid-19

Baca Juga:Inilah Beberapa Cara Menikmati Alam yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berlibur

Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas, di mana kedua kondisi tersebut erat kaitannya dengan peradangan dan stres oksidatif yang berisiko memicu kanker.

Meski dikatakan sebagai makanan pemicu kanker, bukan berarti Anda dilarang untuk mengonsumsinya. Hanya saja Anda perlu membatasinya demi menurunkan tingkat risiko kanker.

4. Makanan Berpengawet