6 Pesilat Jabar Siap Persembahkan Emas di Sea Games Kamboja 2023

PB IPSI siapkan 20 atlet untuk Pelatnas SEA Games 2023. (Foto: Dok.PB.IPSI).*

JAKARTA – Beberapa hari lagi, SEA Games 2023 di Kamboja akan terselenggara. Seluruh kontingan Indonesia dari berbagai cabang olahraga mempersiapkan diri guna mendulang emas, tak terkecuali Pelatnas Pencak Silat.

Pelatnas Pencak silat dikonsentrasikan di Padepokan Pencak Silat di kawasan TMII, Jakarta Timur. Sebanyak 20 atlet rutin menggelar latihan sejak tahun lalu.

Tidak terkecuali 6 pesilat andalan Jawa Barat yakni Bayu Lesmana di Kelas Under 45 Pa, Ririn Rinasih dan Riska Hermawan (Ganda Putri), Asep Yuldan, Anggi Faisal, dan Rano Slamet Nugraha (Beregu Putra).

Ferry Hendarsin Pelatih SEA GAMES 2023 asal Jawa Barat mengatakan sejauh ini pelatnas pencak silat sudah melakoni sejumlah pematangan TRY OUT.

“Mereka sudah melakukan uji coba di Bali dan Solo dan jelang SEA Games 2023, kita tinggal mematangkan beberapa aspek saja,” kata nya.

Pada uji coba terakhir di Solo awal Maret kemarin, Ferry Hendarsin menyebut anak asuhnya masih mudah kehilangan angka dan penerapan strategi yang belum rapi. Kini, secara keseluruhan para atlet pencak silat sudah siap tampil optimal saat SEA Games 2023.

“Rencana kita berangkat tanggal 04 Mei 2023, pertandingan 06-10 Mei dan Kembali di tanggal 11 Mei 2023, do’akan saja semoga bisa memberikan yang terbaik,” ujar dia.

BACA JUGA : Komisi III DPRD Jabar Berharap Pembangunan Gedung Pencak Silat Mampu dongkrak PAD dan KUKM 

Ferry Handarsin juga menuturkan, saat ini Bayu Lesmana dkk, tinggal membenahi mental saja. Aspek fisik dan teknis lainnya sudah oke karena persiapannya sudah sekitar enam bulan lamanya.

Untuk memperbaiki mental, pelatih asal Jawa Barat ini mengatakan pihaknya sudah menyewa dua psikolog untuk menopang kesiapan psikis pada SEA Games 2023.

Baca Juga :  Peringati Hari Bumi, Sekolah Sungai Cimanuk Gelar Diskusi Pemanfaatan Sampah Plastik dan Serangga Sebagai Polinator Alami

“Nyaris tidak ada kekurangan ya, hanya memang mental beberapa atlet kita masih harus ditempa lagi. Kebetulan kita juga sewa dua psikolog,” katanya ferry Hendarsin pada awak media SILATJABAR.COM , Selasa, (25/04/2023).

Di singgung soal peluang medali emas, ferry Hendarsin menegaskan semuanya 20 pesilat menjadi unggulan dan diprediksi akan menjadi yang terbaik.

“Insya Allah, secara persiapan sudah matang, kita siap memberikan yang terbaik. Dan tentunya,  dari 20 Tim pesilat diantaranya 6 pesilat jabar siap mempersembahkan medali emas Sea Games 2023 di Kamboja,” pungkas dia.

Berikut atlet- atlet Pesilat Jawa Barat yang akan tampil di SEA GAMES 2023 di Kamboja :

1. Bayu kelas under 45 (Putera).

2. Ririn Rinasih & Riska Hermawan (Ganda Puteri).

3. Asep Yuldan, Anggi Faisal, dan Rano Slamet Nugraha (Regu Putera).*

Editor : Bayu/Red.