Inovasi Seninya Memang OK, Fitrah Cyntha Dirna Terima Beasiswa S3

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) semakin gencar memberikan peluang dan kesempatan kepada Generasi Muda Indonesia agar mampu menikmati pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri.

Hal tersebut dampak dari upaya pemerintah membuka berbagai program beasiswa seperti, program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), dan lain-lain.

Beasiswa tersebut diberikan untuk jenjang pendidikan S1, S2, dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik dalam negeri atau uar negeri.

Salah seorang guru seni SMA Negeri 2, Indralaya Utara, Ogan Ilir, Fitrah Cyntha Dirna, sehari-hari disapa Bu Cyntha, lulus test yang super ketat dan berhasil mendapat beasiswa S3 Kemendikbudristek tahun 2023.

Disela kegiatan lomba seni pelajar, beberapa waktu lalu, sempat berbincang dengan para peserta didik seni salah seorang siswi yang enggan disebut namanya menuturkan, Bu Cyntha, sosok seorang pendidik yang low profile dan profesional. Saat mengajar, Bu Cyntha seolah mengkolaborasikan jiwa seni dengan tugasnya sehingga melahirkan inovasi yang mendorong siswa-siswinya untuk menyenangi mata pelajaran seni yang kreatif dan menarik.

Bu guru peraih Beasiswa Pendidikan Indonesia, Fitrah Cyntha Dirna, kepada pers sekilas menerangkan, saya adalah guru Seni Budaya di SMA Negeri 2 Indralaya Utara. Disela waktu saya juga aktif di berbagai kegiatan masyarakat, juga di organisasi guna menambah wawasan untuk menciptakan inovasi pengembangan seni. Menurut saya pengembangan seni sangat penting karena ada hubungan membentuk karakter juga, terang Bu Cyntha ramah saat diwawancarai.

Dan tambahnya, saya tak menyangka bakal lulus meraih Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek 2023. Karena selain ribuan pesaing yang ikut test dari seluruh Indonesia, testnya lumayan menguras energi. Hanya saja saya yakin dengan bekal persiapan yang matang jauh sebelumnya, cetus Cyntha ibu dua putra isteri Kurniawan SH ini singkat.

Baca Juga :  Plt.Walikota Cimahi Hadiri Ultah KKJN dan Tabloid Cerdas

“Saya memang niatnya ingin belajar setinggi mungkin untuk menambah ilmu pengetahuan guna pengembangkan potensi yang akan ditularkan kepada generasi penerus masa depan. Saya mengikuti dengan sungguh sungguh dan mempersiapkan segala kebutuhan berdasarkan persyaratan mendapatkan beasiswa mulai dari mendaftarkan diri, mengikuti kursus toefl dan melengkapi persyaratan beasiswa,” ucapnya waktu diwawancarai para wartawan, belum lama ini.

Masih kata, Cyntha, pada bulan Juni 2023 lalu, ia bertekad untuk melakukan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek dan mengikuti test yang telah terjadwal sebelumnya.

“Ya dengan penuh keyakinan serta ikhtiar pada bulan juni 2023 lalu, saya memberanikan diri untuk mendaftar sebagai peserta Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek dan semua persyaratan waktu itu sudah saya penuhi, berselang beberapa bulan dari melakukan pendaftaran, saya dijadwalkan untuk melakukan rangkaian test,” bebernya.

Alhamdulillah, terang, Cyntha, saat pengumuman, tanggal. 27 September 2023 kemarin. Nama saya muncul berhasil mendapatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek 2023, dan berhak melanjutkan pendidikan S3 Seni di Universitas Negeri Semarang.

Ketika ditanya harapan kedepan, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan dan kesejahteraan bagi keluarga saya. Sehingga, proses pendidikan ini lancar aman dan para peserta didik saya akan mendapat asupan pendidikan seni yang maksimal, karena dapat memberikan ilmu dan pengalaman yang diserap melalui jenjang pendidikan yang dijalani ini. Sehingga, pengetahuan para generasi pelaku seni selanjutnya mendapat ilmu pengetahuan seni bermanfaat bagi perkembangan moderenisasi era berikutnya, tandas Bu Cyntha guru seni mengakhiri perbincangannya.