Ramadan 1445 Hijriah, Kadisdik : “Kebaikan Menjadi Bagian Hidup yang Harus Dilanjutkan”

Disdik Provinsi Jawa Barat
Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya (tengah) foto bersama MPK dan OSIS SMKN 2 Bandung. Rabu (27/03/2024).+

BANDUNG –  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Drs. Wahyu Mijaya, SH., M.Si., mengapresiasi kegiatan bakti sosial  di bulan Ramadan 1445 Hijriah yang dilakukan SMKN 2 Kota Bandung, Rabu (27/3/2024).

“Alhamdulillah, SMKN 2 Bandung dapat melakukan kegiatan sosial terhadap masyarakat sekitar yakni Bakso Berdua, Bakti Sosial Bersama SMKN 2, di dalam lingkungan sekolah,” kata Kadisdik Jabar.

Menurut Kadisdik, hal ini sekaligus dapat membentuk kebiasaan diri yang positif bagi siswa terhadap kepekaan lingkungan sosial, meski sudah selesai bulan ramadhan.

“Pada prinsipnya adalah belajar membiasakan diri dalam bentuk kebaikan. Insya Allah tidak hanya dalam kegiatan SmartTren, dalam satu sesi kegiatan Ramadan saja, tetapi juga ini menjadi bagian hidupnya. Yang bisa terimplementasikan secara terus menerus,” ujar Wahyu Mijaya.

Ia pun mengucapkan terima kasih, sekaligus berpesan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh pengurus MPK dan OSIS saja, akan tetapi harus dilakukan oleh semua siswa SMKN 2 Kota Bandung.

Baca juga: Pasca Libur Lebaran, Kehadiran ASN OKI Capai 95 Persen

Sementara itu, Ketua MPK Gina Hasna Agnia, Kelas XI RPL 2, mengatakan dari kegiatan tersebut telah terkumpul sebanyak 30 paket sembako.

Menurut dia, paket tersebut di dalamnya ada beras, minyak goreng, mie instan dan gula. Selanjutnya akan dibagikan kepada satpam, caraka, dan siswa RMP. 

“Kita memberikan 15 bingkisan dan uang santunan kepada panti asuhan. Pada hari Kamis (28/3/2024) membagi-bagikan 120 takjil. Itu merupakan rangkaian kegiatan SmartTren Ramadan 1445 H di SMKN 2 Kota Bandung, yang dipimpin oleh Hasan Iskandar,” kata dia.

Bisa terlaksananya kegiatan ini berkat dana yang terkumpul dari infak shadaqah siswa, Guru SMKN 2 Kota Bandung dan uang kas kelas, imbuh dia.

Baca Juga :  Disdik Jabar Raih Penghargaan OPD "Informatif" Anugerah KIP Tahun 2023

“Pengumpulan dana dari siswa untuk siswa, juga ada dari guru-guru kami. Nama programnya Bakso Berdua Rakmatulqodar,” kata Gina Ketua MPK SMKN 2 Kota Bandung, Rabu (27/03).

Dikatakan Gina, kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan bulan suci ramadhan dikarenakan makna berbagi di bulan Ramadhan yakni bulan penuh kebaikan.

“Semoga bermanfaat dan kota semua selalu diberikan keberkahan dibulan suci ramadhan,” ucap nya.

Senada dikatakan Ergi Riza Windugara, Ketua OSIS, Kelas XI TKJ 1, pihaknya mengatakan kegiatan ini melibatkan pengurus MPK sebanyak 20 orang dan OSIS 35 orang.

” Alhamdulillah, semua ada 55 orang yang terlibat baik MPK dan Osis. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan rasa kepedulian para siswa kepada anak panti asuhan dan yang membutuhkan,” pungkas Ergi. (Red).+